logo Kompas.id
Gaya HidupKolaborasi adalah Kunci
Iklan

Kolaborasi adalah Kunci

Kolaborasi memungkinkan pelaku usaha untuk berbagi biaya, ide, dan memperbesar corong pemasaran. Roh dari kolaborasi adalah gotong royong, bukan kompetisi.

Oleh
Dwi Bayu Radius, Dwi As Setianingsih, Wisnu Dewabrata, dan Mawar Kusuma
· 6 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/BxOS-VHB-y79-TX0v2r_TaK4O0I=/1024x1280/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F01%2FKolaborasi-Pipiltin-dan-Tuku_1611393435.jpg
ARSIP PIPILTIN COCOA UNTUK KOMPAS

Kolaborasi Pipiltin Cocoa dan Kopi Tuku yang digarap di masa pandemi.

Kolaborasi sejatinya sudah melekat dalam keharian bangsa ini. Jauh sebelum pandemi mengempas, roh gotong royong ditiupkan pendiri bangsa lewat koperasi. Terbukti, kolaborasi alias kemitraan dalam wajah kekinian makin marak menjadi kiat mengarungi badai pandemi.

Kemitraan ini makin kreatif melintas bidang yang selama ini tak terbayangkan, misalnya kolaborasi pengusaha kuliner dengan joki visual (VJ), musisi, hingga desainer. Produsen cokelat artisan lokal Pipiltin Cocoa, misalnya, berkolaborasi dengan seniman grafis gerak dan VJ berbakat Tanah Air yang karyanya sudah mendunia, Isha Hening, dan band Goodnight Electric.

Editor:
Mohammad Hilmi Faiq, sariefebriane
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000