Brio Konsisten Menjadi Tulang Punggung Penjualan Honda
Menutup tahun 2020, PT Honda Prospect Motor mempertahankan tren positif dengan peningkatan penjualan selama tujuh bulan berturut-turut. Ternyata, penjualan tersebut ditopang sebagian besar oleh Honda Brio.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·3 menit baca
KOMPAS/STEFANUS OSA
World Premiere All New Honda Brio diperkenalkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018.
JAKARTA, KOMPAS — Honda Brio kembali menunjukkan kekuatannya sebagai tulang punggung penjualan Honda di Indonesia. Sejak diluncurkan sembilan tahun lalu, tren penjualan Brio terus meningkat. Bahkan, di masa pandemi Covid-19, penjualan Honda Brio sepanjang tahun 2020 mencapai 43.021 unit.
Secara rinci, hingga akhir tahun 2020, Honda Brio Satya mencatat total penjualan sebanyak 31.713 unit, sedangkan Honda Brio RS mengumpulkan penjualan sebanyak 11.308 unit. Secara keseluruhan, kedua varian Honda Brio tersebut telah memberikan kontribusi sebesar 54 persen untuk total penjualan Honda sepanjang tahun 2020.
Yusak Billy, Business Innovation and Sales-Marketing Director PT Honda Prospect Motor, dalam temu media secara virtual, Senin (18/1/2021), di Jakarta, mengatakan, pencapaian ini tak lepas dari pengembangan model yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan situasi pasar otomotif di Indonesia.
KOMPAS/PRASETYO EKO PRIHANANTO
Tampak samping Honda All New Brio saat diuji kendara di Bali, 17-10-2018.
Terlebih, Honda Brio juga memiliki varian yang masuk kategori low cost green car (LCGC) sesuai kebijakan pemerintah. Bukan hanya itu, pengembangan model Honda Brio mendorong pula ekspor ke Vietnam dan Filipina. Sejak April 2019 hingga Desember 2020, ekspor Honda Brio mencapai total 12.810 unit.
Jika diakumulasi, total penjualan Honda Brio sejak diperkenalkan pertama kali pada 2 Agustus 2012 hingga akhir tahun 2020 telah mencapai 376.304 unit. Angka tersebut meliputi dua generasi Brio yang sudah diluncurkan ke pasar.
KOMPAS/DAHONO FITRIANTO
Seorang konsumen tengah mencari All New Honda Brio pesanannya dalam seremoni penyerahan 200 unit perdana All New Honda Brio di mal Gandaria City, Jakarta Selatan, hari Sabtu (13/10/2018) siang.
Sementara itu, secara total, penjualan Honda di tahun 2020 tercatat sebanyak 79.451 unit. Sejalan dengan kondisi pasar otomotif secara umum, angka penjualan Honda tahun 2020 juga lebih rendah dibandingkan total penjualan di tahun sebelumnya, yang tercatat sebanyak 149.439 unit.
Honda mencatat kondisi pasar otomotif 2020 secara penjualan ritel untuk seluruh merek hanya mencapai 578.327 unit atau turun dibandingkan tahun 2019 yang mencapai 1.045.717 unit. Secara keseluruhan, menurut Billy, pangsa pasar Honda tahun 2020 mencapai 13,7 persen. Ini berarti Honda ada di posisi ketiga setelah Toyota (31,6 persen) dan Daihatsu (17,3 persen).
Pembeli pertama
Billy mengatakan, ”Penjualan Honda Brio saat ini agaknya tak lepas dari sebuah tren perubahan. Pandemi Covid-19 mendorong pergeseran dari pengguna transportasi publik ke mobil pribadi sehingga tercatat penjualan Brio didominasi oleh para pembeli mobil pertama.”
KOMPAS/STEFANUS OSA
All New Honda Brio meliuk-liuk di arena loma Brio Saturday Night Challenge di bekas kawasan Taman Ria Senayan, Jakarta, Sabtu (7/12/2019).
Pengembangan Honda Brio juga ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia. Berdasarkan survei HPM, kebutuhan yang diharapkan konsumen, antara lain, irit bahan bakar, biaya operasional (running cost) rendah, standar keselamatan tinggi, harga terjangkau, menyenangkan untuk dikendarai (fun to drive), fitur terdepan, dan desain sporty. Profil pengguna Brio pun tercatat sebagai pemilik mobil pertama, kalangan milenial, keluarga muda, dan pemilik bisnis start up.
Adhi Parama Sugarda, Communication Strategy Manager HPM, menambahkan, selain pengembangan model, popularitas Honda Brio juga didukung berbagai kegiatan, mulai dari slalom, balapan, konser musik, hingga kontes modifikasi. Di masa pandemi, memang sebagian kegiatan itu dilakukan secara virtual. Namun, hal itu tak menyurutkan penjualan Honda Brio.
Selain Honda Brio, Honda HR-V 1.5L juga menyumbangkan penjualan sebanyak 11.936 unit dengan kontribusi sebesar 15 persen pada total penjualan Honda tahun 2020. Sementara itu, Honda Mobilio membukukan penjualan sebanyak 6.889 unit, Honda Jazz sebanyak 6.533 unit, dan Honda CR-V sebanyak 5.759 unit.
KOMPAS/PRASETYO EKO PRIHANANTO
Jajaran Honda All New Brio di kompleks patung Garuda Wisnu Kencana di Bali, Oktober 2018.
Model-model lain yang turut berkontribusi pada penjualan tahun 2020 terdiri dari Honda BR-V sebanyak 2.289 unit, Honda Civic Hatchback sebanyak 1.053 unit, dan Honda HR-V 1.8L sebanyak 917 unit. Sementara itu, Honda Civic Sedan telah terjual sebanyak 444 unit, Honda Accord sebanyak 248 unit, Honda City sebanyak 235 unit, Honda Odyssey sebanyak 120 unit, dan Honda Civic Type-R sebanyak 7 unit. (OSA)