Dari Tren Pencarian Google 2020, Orang Indonesia Tangguh Hadapi Tantangan
Google menghimpun topik yang paling sering dicari melalui Year in Search 2020. Secara umum, ada 10 topik yang paling sering dicari pengguna internet Indonesia. Google pun menyebut, orang Indonesia tangguh hadapi pandemi.
Oleh
SEKAR GANDHAWANGI
·5 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Tahun 2020 adalah tahun yang menantang. Pandemi Covid-19 mendorong orang-orang mempelajari virus korona baru sekaligus resep odading atau kopi dalgona di rumah. Ini tampak dari data pencarian Google di Indonesia selama setahun terakhir.
Google menghimpun topik-topik yang paling sering dicari melalui Year in Search 2020. Secara umum, ada 10 topik yang paling sering dicari pengguna internet Indonesia tahun ini. Topik tersebut adalah virus korona, PSBB (pembatasan sosial berskala besar), Kartu Prakerja, sepeda lipat, odading, hand sanitizer (cairan pembersih tangan), Glenn Fredly, lagu ”Lathi” oleh Weird Genius featuring Sara Fajira, omnibus law, dan Google Classroom.
”Ini menunjukkan bahwa 2020 adalah waktu yang penuh tantangan, perubahan, dan pertanyaan. Namun, bisa dilihat bahwa orang Indonesia tangguh menghadapi tantangan dan perubahan,” kata Head of Consumer Apps Marketing Google Indonesia Fida Heyder, Selasa (8/12/2020), secara virtual.
Menurut dia, pandemi tidak hanya membuat publik sekadar ingin tahu soal Covid-19. Mereka juga mencoba memahami isu dengan mencari informasi lebih lanjut hingga peraturan terkait, misalnya PSBB. Fida menyebut virus korona sebagai topik serius yang dicari tahun ini.
Kecenderungan publik untuk melek isu nasional juga tampak. Google berpendapat, ini agar orang Indonesia tidak hanya bisa mengikuti percakapan, tetapi juga memahami isu. Isu nasional yang dicari, antara lain, adalah omnibus law, Kartu Prakerja, dan resesi.
Fida menambahkan, ada sembilan kategori pada Year in Search 2020. Selain kategori Bagaimana Cara, ada kategori Siapa, Apa Itu, Kepergian Tokoh, Peristiwa Nasional, Lirik Lagu, Film, Resep, dan Tren Penelusuran secara umum.
Belajar hal baru
Pada kategori Bagaimana Cara, Google mencatat 10 hal yang paling banyak dicari. Topik yang dimaksud adalah cara daftar UMKM, menjadi youtuber pemula, menjadi terkenal, menjadi reseller (pengecer), membuat hand sanitizer, menjadi artis, log in Google Classroom, menjadi dropshipper, menjadi penulis, dan cara menjadi impostor di gim Among Us.
Ini menunjukkan bahwa 2020 adalah waktu yang penuh tantangan, perubahan, dan pertanyaan. Namun, bisa dilihat bahwa orang Indonesia tangguh menghadapi tantangan dan perubahan.
Dari data itu, tampak bahwa orang Indonesia tergerak belajar hal-hal baru. Yang dipelajari tidak melulu serius. Ada pula yang belajar teknik bermain gim daring.
Orang Indonesia juga tergerak hidup sehat. Sejumlah informasi terkait aktivitas fisik dan diet sehat pun dicari, misalnya informasi tentang sepeda.
Minat publik terhadap gaya hidup sehat tampak pula dalam daftar topik terpopuler Google 2019. Dalam kategori Bagaimana Cara, orang-orang menelusuri cara hidup sehat, menghitung berat badan, dan menurunkan kolesterol.
”Orang tidak hanya bertanya soal cara hidup sehat di 2020, tapi juga bertanya apa saja aktivitas sehatnya. Ini terkait dengan kondisi yang memaksa kita berubah dan hidup sehat. Dengan bersepeda pun orang-orang sebenarnya berusaha mencari kegiatan baru,” kata Fida.
Figur
Menurut Google, tahun ini komika atau pelawak tunggal Bintang Emon menjadi salah satu sosok yang paling sering dicari. Selain Bintang, ada Hyun Bin, Kim Soo Hyun, Najwa Shihab, George Floyd, Tara Basro, Seo Ye Ji, Budi Karya, Joe Biden, dan Djoko Tjandra.
Nama Bintang jadi pembicaraan setelah video monolognya tentang Covid-19 viral. Ia juga mengunggah video-video monolog lain dengan beragam topik, misalnya hiburan dan kritik sosial.
”Kritik sosial misalnya soal virus korona (baru) dan kasus Novel Baswedan. Saat kritik, bukan hanya anak muda yang merasa ini relatable (berhubungan) dengan mereka, tapi juga orang dewasa dan spektrum lain. (Konten saya) Jadi luas jangkauannya,” ujar Bintang.
Selain Bintang, produk audiovisual karya sutradara Wahyu Agung Prasetyo pun jadi pembicaraan. Film pendeknya yang berjudul Tilik mendapat reaksi positif dari masyarakat. Hingga Selasa petang, jumlah penonton Tilik di Youtube sudah lebih dari 24,7 juta orang. Tilik jadi film pendek pertama di Youtube yang masuk top search Google.
Film ini terinspirasi dari pengalaman sutradara melihat warga menumpang bak truk di Bantul, DI Yogyakarta, 2017. Menurut Wahyu, fenomena sosial seperti ini perlu diangkat jadi film. Ia tidak menyangka filmnya akan meledak.
”Ketika bikin film ini, saya tidak punya ekspektasi apa-apa. Nothing to lose saja. Film dibuat dengan hati dan menerima hasil yang baik,” ucap Wahyu.
Yang terpopuler dalam kategori Film/Serial Televisi Google, selain Tilik, adalah Crash Landing on You, Milea, The World of the Married, Mariposa Mulan, Money Heist, It’s Okay to Not Be Okay, Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini, dan Bucin.
Pada kategori Lirik Lagu, yang populer adalah ”Lathi” (Weird Genius featuring Sara Fajira), ”Dynamite” (BTS), ”Psycho” (Red Velvet), ”Cuek” (Rizky Febian), ”Menghapus Jejakmu” (Bunga Citra Lestari featuring Ariel), ”How You Like That” (Blackpink), ”Yummy” (Justin Bieber), ”Savage Love” (Jason Derulo featuring Jawsh 685), ”Before You Go” (Lewis Capaldi), dan ”Heather” (Conan Gray).
Dalam kategori Apa Itu, topik terpopuler adalah ghosting, gabut, lockdown, rebahan, WFH, resesi, kuota belajar, virus korona, PSBB, dan Among Us.
Pada kategori Resep, yang paling banyak dicari ialah resep donat, kopi dalgona, odading, bakso mercon, rendang sapi, nastar, martabak teflon, pie susu teflon, pempek dos, dan piza rumahan.
Pada kategori Kepergian Tokoh, yang terpopuler adalah Glenn Fredly, Didi Kempot, Omas, Kobe Bryant, Chadwick Boseman, Lina Jubaedah, Ashraf Sinclair, Ria Irawan, Naya Rivera, dan Ade Irawan.
Sementara itu, pada kategori Berita, topik paling banyak dicari adalah Kartu Prakerja, daftar UMKM online, stimulus PLN, omnibus law, Sunda Empire, Covid-19, erupsi Krakatau, uang 75 ribu, PSBB Jakarta, dan banjir Jakarta.