logo Kompas.id
Gaya HidupAdu Jeli Strategi Digital...
Iklan

Adu Jeli Strategi Digital untuk Mendongkrak Pasar Otomotif

Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan membuat pemulihan pasar otomotif tak secepat yang diinginkan semua pihak. Para pemain di industri otomotif pun melirik berbagai strategi digital untuk mendongkrak penjualan.

Oleh
Dahono Fitrianto
· 7 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/KlWv7F8RAG5mL7aKO6Lj6bkvqs0=/1024x600/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F07%2F20190723ED7_1563697553.jpg
KOMPAS/EDDY HASBY

Pengunjung memadati arena pameran mobil di ajang GIIAS 2019, yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Minggu (21/7/2019). Tahun ini, seluruh pameran otomotif berskala besar dibatalkan dan banyak agen pemegang merek beralih ke pameran virtual.

Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan membuat pemulihan pasar otomotif tak secepat yang diinginkan semua pihak. Para pemain di industri otomotif pun melirik berbagai strategi digital sebagai salah satu cara untuk mendongkrak penjualan mobil. Efektifkah strategi ini?

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akhir September lalu menunjukkan, total penjualan mobil secara ritel (retail sales) di Indonesia sepanjang periode Januari-September 2020 adalah sebanyak 407.396 unit. Ini berarti penurunan sebesar 46,6 persen dibandingkan dengan penjualan pada periode sama tahun lalu, yakni sebanyak 762.390 unit.

Editor:
dahonofitrianto
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000