Mitsubishi Luncurkan Edisi Terbatas ”Black Edition” untuk Xpander dan Xpander Cross
Untuk menambah pilihan bagi konsumen dan mendongkrak penjualan di akhir tahun, Mitsubishi meluncurkan edisi terbatas ”Black Edition” untuk dua mobil andalannya, yakni Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross.
Oleh
Dahono Fitrianto
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Untuk menambah pilihan bagi konsumen dan mendongkrak penjualan di akhir tahun, Mitsubishi meluncurkan edisi terbatas ”Black Edition” untuk dua mobil andalannya, yakni Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross. Selain mendapat sentuhan kosmetik di eksterior, dua edisi khusus ini juga mendapat ubahan di bagian interior.
Menurut Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura, edisi khusus Xpander dan Xpander Cross dengan slogan ”Adventure in Black” ini dirancang untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen yang menyukai petualangan serta memiliki karakter tegas, tetapi tetap menganggap momen kebersamaan dengan keluarga sebagai sebuah hal yang tak ternilai.
”Selain untuk mendorong penjualan, edisi terbatas ini juga menjadi upaya kami memberikan lebih banyak pilihan kepada customer, terutama yang berjiwa fun dan stylish,” tutur Nakamura dalam peluncuran secara virtual, di Jakarta, Selasa (20/10/2020).
Model pertama, yakni Mitsubishi Xpander Black Edition, dikembangkan dengan basis varian Mitsubishi Xpander tipe Exceed, baik dengan transmisi manual maupun otomatis. Berbagai ubahan yang langsung terlihat dari luar adalah adanya aksen warna hitam dan merah pada bagian bawah bumper depan, bagian bawah bumper belakang, dan pada side skirt.
Selain itu, velg alloy-nya dan batok kaca spion juga dilabur warna hitam mengkilap. Emblem ”Black Edition” disematkan di pintu belakang. Berbagai ubahan ini membuat tampilan Xpander terkesan lebih sangar dan sporty.
Sementara di bagian interior dapat ditemukan lapisan pembungkus jok berwarna hitam dengan aksen jahitan merah dengan tulisan ”Xpander” di sandaran punggung. Fitur hiburan juga sudah dilengkapi audio head unit dengan teknologi layar sentuh berukuran 7 inci.
Irwan Kuncoro, Direktur Divisi Penjualan dan Pemasaran PT MMKSI, mengatakan, Xpander Black Edition ini tersedia dengan dua pilihan warna bodi, yakni putih (quartz white pearl) dan hitam (jet black mica), serta hanya dibuat sebanyak 1.000 unit. Harga resmi edisi khusus ini adalah Rp 257.100.000 (transmisi manual) dan Rp 267.500.000 (transmisi otomatis), semua dalam kondisi on the road di DKI Jakarta.
Audio premium
Untuk Xpander Cross, edisi terbatas kali ini bernama Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate-Black Edition. Seperti yang diindikasikan namanya, ada sentuhan sistem audio premium besutan Rockford Fosgate pada mobil yang diproduksi hanya 500 unit ini. ”Ini adalah satu-satunya mobil di kelasnya yang dilengkapi dengan sistem audio premium,” tutur Nakamura.
Sistem audio ini akan langsung kita lihat saat membuka pintu bagasi belakang, dengan terpasangnya subwoofer Rockford Fosgate di bagian kiri ruang bagasi di belakang kursi baris ketiga. Selain itu, sistem audio mobil juga dilengkapi dengan amplifier besutan Rockford Fosgate. Emblem Rockford Fosgate juga disematkan di bawah layar head unit dan di pintu belakang.
Di bagian eksterior juga terdapat berbagai sentuhan berwarna hitam mengkilap, yakni pada bagian bawah bumper depan, bagian bawah bumper belakang, batok kaca spion, roof rail, dan velg alloy. Sementara di interior didominasi warna hitam, termasuk bahan kulit untuk pelapis jok dan pelapis pintu (door trim) dengan aksen pola geometris.
Irwan mengatakan, Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition ini hanya tersedia dalam varian bertransmisi otomatis dengan dua warna bodi, yakni putih (quartz white pearl) dan abu-abu metalik (graphite grey). Mobil inidipasarkan dengan banderol Rp 304.700.000 (on the road DKI Jakarta). Selain itu, Xpander Cross edisi terbatas ini juga sudah dipasangi kaca film premium V-Kool.
Menurut Irwan, baik Xpander Black Edition maupun Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition sudah tersedia di dealer-dealer di Jabodetabek pada hari peluncuran, yakni Senin (20/10/2020). ”Dan, secara bertahap akan tersedia di dealer seluruh Indonesia pada awal November 2020,” ujarnya.
Direktur Divisi Purnajual PT MMKSI Eichiro Hamazaki menambahkan, setiap pembelian edisi terbatas ini sudah mencakup paket perawatan Smart Silver, yakni servis berkala hingga 50.000 km atau empat tahun, yang meliputi biaya jasa, suku cadang, oli mesin original MMGO, dan berbagai pergantian zat kimia (chemical items). Dengan adanya paket ini, konsumen akan menghemat biaya perawatan hingga 21 persen lebih rendah daripada tanpa paket.