BMW Segera Hadirkan Mobil Berteknologi Elektrifikasi Terbaru
Menjelang tutup tahun, BMW Group Indonesia mengindikasikan akan segera memasukkan model terbaru kendaraan listriknya ke Indonesia. Selain itu, BMW juga menggelar program penjualan BMW On Tour dengan berbagai kemudahan.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — BMW Group Indonesia membawa angin segar terbaru. Di tengah ketidakpastian kapan berakhirnya pandemi Covid-19 yang menyebabkan penjualan otomotif menurun, BMW segera menghadirkan kendaraan listrik terbaru.
”Tunggu saja. Dalam waktu dekat, kami siap menghadirkan kendaraan listrik baru,” Director of Communications BMW Group Indonesia kata Jodie O’tania dalam konferensi pers virtual ”BMW on Tour” di Jakarta, Jumat (16/10/2020). ”BMW On Tour” merupakan kegiatan yang dihadirkan dalam format online dan offline ini digelar di seluruh jaringan diler resmi BMW Indonesia.
Di hadapan media, Jodie mengungkapkan kehadiran mobil listrik tanpa menyebutkan namanya. Bahkan, model kendaraan listrik itu tidak disebutkan sama sekali.
Jodie hanya menjelaskan, kepemilikan kendaraan listrik tidak hanya membawa keuntungan besarnya pajak yang lebih kecil dari pajak mobil konvensional, tetapi juga keuntungan dari efisiensi biaya operasional yang bisa diperoleh pelanggan dalam penggunaan sehari-hari.
BMW adalah salah satu pelopor kehadiran mobil berteknologi elektrifikasi di Indonesia. BMW adalah pabrikan pertama yang menghadirkan mobil berteknologi plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) dalam bentuk mobil sport BMW i8 sejak 2016.
Tiga tahun kemudian, BMW meluncurkan mobil listrik murni kebanggaannya, BMW i3S, saat pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu.
Mendorong penjualan
Di sisi lain, lanjut Jodie, wacana pajak nol persen terhadap pembelian mobil baru yang pembahasannya berlarut-larut sempat membuat penjualan mobil tersendat. Konsumen menunda pembelian mobil karena menunggu kepastian penerepan wacana tersebut. Hal ini sangat dirasakan oleh diler-diler BMW.
”Sejak bergulir wacana pajak nol persen, awalnya BMW menyambut positif. BMW menghargai pemerintah yang sudah menggulirkan wacana pajak nol persen. Hal itu tentu merupakan support bagi industri otomotif. Ke depannya, proses penetapan aturan hendaknya tidak perlu berlama-lama. Bisa lebih singkat lagi,” ujar Jodie.
Sementara itu, terkait penjualan di periode sepanjang Januari-September 2020, BMW pun merasakan penurunan penjualannya. Dibandingkan periode yang sama tahun 2019, penjualan BMW turun sebesar 23 persen.
”Penurunan itu terjadi, ketika April hingga Juni, kebijakan PSBB diterapkan secara ketat. Penjualan tidak mencapai angka maksimal, sebagaimana ditargetkan oleh BMW Group. Namun, penurunan ini tidak setajam kondisi pasar otomotif nasional yang mencapai 40 persen,” ujar Vice President of Sales BMW Group Indonesia Bayu Riyanto.
Untuk mendongkrak penjualan di pengujung tahun inilah, program BMW on Tour digelar di diler-diler BMW secara bergiliran. Dalam kegiatan ini, pengunjung dapat melihat dan mencoba langsung rangkaian kendaraan BMW terbaru, termasuk model SAV flagship BMW X7 dan rangkaian kendaraan listrik seperti BMW i3s dan BMW i8 Roadster.
Dalam program ini juga ada tawaran, seperti Drive to Change, program tukar tambah yang mudah dan cepat bersama BMW Premium Selection, ditambah iming-iming hadiah langsung voucer bensin hingga senilai Rp 10 juta.
Selama acara berlangsung, semua area diler akan menerapkan standar protokol kesehatan ketat, dan semua Business Consultant BMW akan mengikuti protokol kesehatan sesuai standar. Kegiatan akan berjalan setiap akhir pekan (Sabtu dan Minggu) selama tujuh pekan ke depan, mulai dari 17 Oktober hingga 29 November 2020.
Jodie mengatakan, ”Salah satu penawaran menarik di BMW On Tour adalah kemudahan untuk memiliki kendaraan impian seperti Drive to Change untuk BMW Seri 3 dan 5, serta BMW X5.”
Bayu menjelaskan, unituji kendara juga akan mendapatkan perlakuan sanitasi yang ketat. Rangkaian unit uji kendara terdiri dari hampir seluruh lini produk BMW yang dipasarkan saat ini, mulai dari BMW Seri 3, BMW Seri 5, BMW Seri 7, serta berbagai varian model BMW X—BMW X1, BMW X3, BMW X5, hingga BMW X7—juga tersedia. Kendaraan yang dipamerkan di setiap diler juga meliputi kendaraan terbaru BMW yang dipasarkan secara terbatas, seperti BMW 840i Gran Coupé dan Coupé, juga BMW Z4 sDrive30i M Sport.
Untuk membatasi jumlah pengunjung, pendaftaran dilakukan secara online dan diatur oleh masing-masing diler resmi BMW. Jadi, cermati jadwal BMW On Tour di bawah ini:
Jadwal BMW On Tour
17-18 Oktober 2020: BMW Astra Serpong
23-24 Oktober 2020: BMW Artha Motor Lestari Thamrin
31 Oktober-1 November 2020: BMW Tunas Hayam Wuruk
6-7 November 2020: BMW Eurokars Kebon Jeruk
7-8 November 2020: BMW Astra Serpong
14-15 November 2020: BMW Tunas Tebet
21-22 November 2020: BMW Astra Surabaya
28-29 November 2020: BMW Tunas Bandung
Secara terpisah, Teguh Widodo selaku Operation Manager BMW Astra menuturkan, program penjualan ini akan menghadirkan BMW Astra Best Offer Ever pada 17-18 Oktober 2020 di BMW Astra Serpong Astra Biz Center, Tangerang, Banten.
”Antusiasme pelanggan BMW di Indonesia saat ini sudah kembali meningkat, pada kesempatan ini kami berusaha menyambut antusiasme itu dengan memberikan penawaran terbaik untuk para pelanggan. Memang, secara simbolis, acara ini diadakan di BMW Astra Serpong. Akan tetapi, program ini berlaku nasional di seluruh cabang BMW Astra di Indonesia,” ujar Teguh.
Pada BMW Astra Best Offer Ever 2020, BMW Astra memberikan promo penambahan masa garansi hingga dua tahun, voucer bahan bakar hingga senilai Rp 20 juta, dan voucer trade-in senilai Rp 5 juta. Bekerja sama dengan Astra Credit Company dan Asuransi Astra, BMW Astra berikan hadiah langsung sepeda lipat serta hadiah undian berupa Playstation 5, iPhone 11 Pro hingga sepeda Brompton. (OSA)