Minat Uji Kendara Suzuki XL7 Meningkat walau di Masa Pandemi
Masa pandemi Covid-19 tak menyurutkan minat pencinta otomotif untuk menguji kendaraan. Permintaan uji kendara melalui laman resmi Suzuki diminati banyak calon pembeli.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Permintaan uji kendara atau test drive Suzuki melalui situs resmi Suzuki Indonesia mencapai hampir 1.000 dalam delapan bulan. Suzuki XL7 mendominasi permintaan yang mencapai 58,6 persen dari seluruh model Suzuki yang diuji. Disusul Suzuki Ertiga sebesar 14,5 persen.
Antusiasme konsumen untuk mengajukan uji kendara melalui laman resmi ini terus meningkat. Data Suzuki menyebut, total angka pengajuan uji kendara berbagai tipe mobil Suzuki tersebut mencapai 955 orang dari Januari sampai Agustus 2020. Angka ini lebih tinggi 128 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (11/9/2020), mengatakan, ”Tren pemintaan test drive terus meningkat. Untuk itu, demi kesehatan dan keselamatan konsumen dan karyawan, kami juga mengoptimalkan pelayanan yang sesuai dengan protokol kesehatan melalui layanan home test drive. Layanan ini kami berikan untuk mempermudah konsumen yang ingin melakukan pembelian, tetapi tetap dapat mengurangi interaksi langsung di dealer.”
Khusus untuk pengajuan home test drive, Suzuki memastikan setiap mobil yang diantar ke rumah konsumen sudah dibersihkan dan disemprot cairan disinfektan yang sesuai standar kesehatan. Petugas yang mengantar dan menemani sesi test drive pun menggunakan masker, sarung tangan, serta menjaga jarak aman. Untuk persyaratan pembeliannya pun tak perlu khawatir karena dapat dilakukan secara daring.
Menurut Donny, di tengah masa pandemi Covid-19 ini, kenaikan angka pengajuan uji kendara justru terlihat sejak bulan Juni lalu. Jika rata-rata di lima bulan pertama tahun 2020 hanya berkisar 50 orang per bulan, ternyata tiga bulan terakhir ini angka pengajuan uji kendara mencapai rata-rata 236 orang per bulan.
Saat ini, Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat menjadi daerah asal yang mendominasi angka pengajuan home test drive melalui laman resmi www.suzuki.co.id.
Seperti diketahui, peluncuran global Suzuki XL7 digelar di Jakarta, Sabtu (15/2/2020). Model SUV yang berbasis MPV Ertiga ini sempat mencuri perhatian para pencinta otomotif di Tanah Air, terlebih setelah begitu lama Suzuki mengandalkan penjualan Ertiga yang merupakan kendaraan tujuh tempat duduk.
”SUV ini dengan cepat menjadi primadona masyarakat karena tampilannya yang berkarakter, memiliki banyak fitur mutakhir seperti smart e-mirror, warnanya unik, muat untuk kebutuhan keluarga, dan harganya kompetitif. Kepercayaan konsumen kepada Suzuki membuat kami selalu berupaya memberikan yang terbaik melalui produk dan layanan yang mengutamakan kemudahan, kenyamanan, dan keselamatan,” tutur Donny. (*)