Tetaplah di rumah saja, terlebih masa PSBB diberlakukan kembali di Jakarta. Jika bosan di rumah, Honda memberikan solusi keseruan dengan bermain gim adu ketangkasan menggunakan model Honda Brio.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·3 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Setelah sukses menggelar Honda Racing Simulator Championship, kini Honda mengajak kembali pencinta otomotif untuk main gim lagi. Bukan lagi adu balap menggunakan model mobil Honda Civic Type R, melainkan ajang ketangkasan slalom atau nge-drift virtualmenggunakan model Honda Brio.
Setelah beberapa tahun sebelumnya, adu ketangkasan drift Honda Brio itu dilakukan secara terbuka dengan menggunakan mobil sungguhan dan digelar di beberapa kota untuk pertama kalinya ajang ketangkasan drift ini digelar secara virtual. PT Honda Prospect Motor yang tak ingin kehilangan momentum akibat pandemi Covid-19, terlebih lagi dengan semangat ”Everyone Can Race”, akhirnya meluncurkan mobile game berbasis Android bertajuk ”Brio Virtual Drift Challenge” di Jakarta, Rabu (9/9/2020).
Ajang ketangkasan bermobil pada sebuah mobile game ini pertama kali dibuat oleh pabrikan otomotif di Indonesia. Brio Virtual Drift Challenge menyajikan tingkat permainan dan visual berkualitas tinggi yang dikembangkan pengembang gim ternama, Gameloft.
Dalam gim ini, para pemain dapat merasakan sensasi melakukan drift challenge menggunakan Honda Brio untuk mengumpulkan poin tertinggi dan menaklukkan berbagai tantangan di trek yang berbeda-beda. Asyiknya, pemain dapat memilih dua tipe mobil dan 16 trek yang dapat dimainkan, termasuk memilih warna mobil sesuai warna asli yang tersedia di lini produk Honda Brio RS dan Honda Brio Satya.
Brio Virtual Drift Challenge menghadirkan dua mode balapan, yaitu Quick Race dan Campaign Challenge. Pada mode Campaign Challenge, pemain akan balapan di sirkuit dengan melewati rintangan secara berkelanjutan dan mendapatkan poin bintang di setiap level untuk membuka sirkuit yang masih terkunci. Sementara, mode Quick Race, pemain dapat balapan di sirkuit mana pun yang sudah terbuka dari mode Campaign Challenge, tetapi tidak memperoleh bintang ataupun peringkat.
Tidak tanggung-tanggung, Honda juga menambah keseruan dari gim ini dengan menggelar kompetisi Brio Virtual Drift Challenge. Hadiahnya cukup menggiurkan, total uang tunainya saja mencapai Rp 35,25 juta.
Kompetisi ini digelar di Drift Mode dalam tiga periode dengan trek berbeda. Peserta diminta melakukan drift sebanyak mungkin atau dengan menyelesaikan balapan sampai dapat mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya.
Catat saja tanggal kompetisi periode pertamanya yang bakal digelar di trek Oriental Town mulai 24 September hingga 7 Oktober 2020. Sementara, periode kedua digelar pada 22 Oktober-4 November 2020 di trek Snow Aftermath. Untuk periode terakhir, BVDC akan digelar pada 18 November-1 Desember 2020 di trek Seaside Village.
Yusak Billy, Business Innovation and Sales-Marketing Director PT Honda Prospect Motor, mengatakan, ”Sesuai perubahan perilaku konsumen saat ini, konsumsi media digital, terutama melalui perangkat mobile, semakin meningkat. Karena itu, kami percaya mobile game ini menjadi media yang tepat untuk menyebarkan semangat racing ke lebih banyak orang, sesuai dengan semangat Everyone Can Race.”
Florent Vallauri, Senior Managing Director Gameloft SEAP, menambahkan, ”Kemitraan dengan Honda ini adalah contoh yang bagus tentang bagaimana mobile game dapat diubah menjadi platform aktivitas digital yang kuat. Kolaborasi yang inovatif di antara kedua tim akan menghadirkan pengalaman balapan yang seru dan menyenangkan dengan mobil Honda Brio.”
Menurut Florent, pengemudi yang bersemangat dan penggemar otomotif akan dapat merasakan sensasi mengendarai mobil dan menembus batas dengan Honda dengan cara interaktif yang baru. Brio Virtual Drift Challenge dapat diunduh melalui smartphone berbasis Android melalui Google Playstore
Menurut Adhi Parama Sugarda, Communication Strategy Manager HPM, Honda tidak hanya membuatkan mobile game, tetapi juga mengadakan kompetisinya. Honda Brio dipilih karena model ini dikenal memiliki kelincahan yang mewakili semangat orang muda. Model ini pun menjadi tulang punggung penjualan Honda di Indonesia.
”Ajang ketangkasan ini merupakan keseruan baru melalui gim, terlebih di masa pandemi ini. Ini merupakan kolaborasi antara gim dan sport. Kita menggunakan platform game yang begitu fun,” kata Rama, panggilan akrabnya.
Selama tahun 2020, Honda secara konsisten menyelenggarakan aktivitas yang memanfaatkan platform digital, seperti Honda Brio Virtual Modification #3 dan Honda Racing Simulator Championship. (OSA)