Kurangi Tatap Muka, Mitsubishi Fuso Mulai Berjualan di Tokopedia
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) meresmikan Mitsubishi Fuso Official Store di platform marketplace Tokopedia. Hal ini untuk mengurangi potensi tatap muka langsung dengan konsumen di tengah pandemi Covid-19.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·3 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Tren penjualan otomotif nasional belum pulih pada masa pandemi Covid-19 yang tak kunjung ada kepastian berakhirnya. Kekhawatiran terkait tatap muka langsung dengan konsumen mendorong PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors selaku distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) meresmikan toko resmi Mitsubishi Fuso Official Store di Tokopedia.
Penjualan secara daring kendaraan niaga ini diluncurkan secara virtual oleh Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Duljatmono dan Assistant Vice President of Business Tokopedia David Kartono di Jakarta, Selasa (1/9/2020). Hadir pula Kepala Grup Fuso Branding KTB Sudaryanto.
Di dalam Mitsubishi Fuso Official Store, ada 22 dealer Mitsubishi Fuso yang terbagi dalam delapan wilayah di Indonesia, yakni Sumatera bagian Utara, Sumatera bagian Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur (termasuk Bali dan NTB), Kalimantan, serta Indonesia bagian Timur. Hal itu memudahkan konsumen melakukan transaksi berdasarkan domisili dari setiap konsumen.
Duljatmono mengatakan, kondisi pasar otomotif awal tahun 2020 sebetulnya penuh rasa optimisme karena besarnya peluang pasar. Namun, begitu memasuki masa pandemi Covid-19, industri otomotif nasional mulai terkena dampak, sehingga memerlukan daya tahan industri.
”Kerja sama antara Mitsubishi Fuso dan Tokopedia berawal dari komitmen KTB untuk senantiasa hadir dalam memberikan kemudahan layanan kepada konsumen. Terlebih lagi dengan keterbatasan ruang gerak masyarakat akibat PSBB pada masa pandemi, mengharuskan kami beradaptasi dengan kebutuhan konsumen untuk melakukan transaksi jarak jauh,” kata Duljatmono.
Selain mempermudah akses bagi konsumen, kehadiran Official Store Tokopedia diharapkan dapat memberikan kontribusi positif pada kinerja penjualan Mitsubishi Fuso. Total penjualan Mitsubishi Fuso selama Januari-Juli 2020 tercatat sebanyak 13.646 unit dengan perolehan market share yang semakin mendominasi hingga 48,8 persen. Meski secara volume penjualan menurun, pangsa pasar Mitsubishi Fuso di segmen kendaraan niaga meningkat lebih dari 5 persen.
Duljatmono mengakui, pembelian kendaraan niaga tidaklah sama dengan pembelian kebutuhan sehari-hari, seperti makanan dan pakaian. Menyikapi perbedaan ini, KTB meyakini pola komunikasi dengan konsumen terus diperbaiki dan ditingkatkan, baik melalui virtual gathering maupun pertemuan virtual dengan konsumen tertentu.
Sudaryanto menambahkan, berbagai kemudahan pembelian maupun promosi disiapkan bagi konsumen yang melakukan pembelian melalui Tokopedia. Ada pula berbagai hadiah yang disiapkan oleh KTB. Konsumen pun tidak perlu merasa khawatir dengan mekanisme pembelian secara daring karena KTB sudah benar-benar selektif dalam menjalin kerja sama dengan platform marketplace.
”Terlebih, selama ini, pelanggan Mitsubishi Fuso memang sudah mengenal produk kendaraan komersial kami,” ujar Sudaryanto.
David menuturkan, dengan berbagai keunggulan yang selama ini dimiliki Tokopedia, konsumen pun tidak perlu meragukan orisinalitas produk yang dipasarkan. Selain ketersediaan barang, ada pula jaminan masa garansi produk.
”Fuso Official Store memberikan kemudahan konsumen untuk mencari kebutuhan kendaraan niaga. Setidaknya, mekanisme pembelian secara daring dapat mengurangi potensi tatap muka konsumen pada masa pandemi ini,” kata David. (OSA)