Duet Civic Turbo Warnai ISSOM 2020 di Sirkuit Sentul
Honda Civic Hatchback Turbo dan Honda Civic Turbo Sedan diturunkan sebagai ”official car” ISSOM 2020. Kehadiran duo Civic ini ingin menegaskan peran Honda yang terus berkontribusi sesuai dengan DNA ”racing”.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Untuk pertama kalinya, duet mobil Honda Civic Hatchback RS Turbo dan Honda Civic Turbo Sedan mewarnai ajang adu balap Indonesia Sentul Series of Motorsport atau ISSOM 2020. Kedua mobil bukannya ikut berlomba, melainkan menjadi official car selama dua hari berturut-turut, Sabtu dan Minggu (29-30/8/2020), saat ISSOM berlangsung di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat.
Penampilan duet Civic yang memiliki kekhasan masing-masing itu merupakan bagian dari kerja sama antara PT Honda Prospect Motor dan Sirkuit Sentul. Pada ajang ISSOM 2020, Honda Civic Turbo Sedan berperan sebagai fast doctor yang akan turun ke lintasan balap dalam keadaan darurat jika terjadi kecelakaan di dalam sirkuit balapan.
Sementara Honda Civic Hatchback RS Turbo berperan menjadi safety car yang bertujuan mengawal peserta balap, termasuk jika terjadi kecelakaan. Honda Civic Hatchback RS Turbo dan Honda Civic Turbo Sedan sama-sama mengusung mesin 1.5L VTEC Turbo yang didukung transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology.
Yusak Billy, Business Innovation and Sales-Marketing Director PT Honda Prospect Motor, mengatakan, ”Sejak tahun 2012, Honda terus berkomitmen mendukung aktivitas balap di Indonesia. Salah satunya dengan menjadikan Honda Civic Hatchback RS Turbo dan Honda Civic Turbo sebagai Official Car ISSOM 2020 yang kami yakin memiliki karakter sesuai dengan perannya dalam mendukung kegiatan balap.”
Tren pasar
Memasuki semester kedua tahun 2020, penjualan Honda Civic di Indonesia memang tidak segemilang model Honda lainnya walaupun penjualan bulan Juli 2020 tercatat menuju tren positif. Padahal, kondisi pasar bulan itu baru saja memasuki masa transisi menuju normal baru. Sepanjang bulan Juli 2020, Honda secara keseluruhan berhasil mencatat penjualan sebanyak 4.036 unit, meningkat 62 persen dibandingkan dengan penjualan bulan Juni.
Honda Brio Satya masih menjadi model dengan penjualan tertinggi bagi Honda dengan total 1.697 unit, meningkat 102 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Penjualan Honda Brio Satya tersebut menyumbang 42 persen dari total penjualan Honda pada bulan Juli, juga lebih besar dibandingkan dengan kontribusi pada bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 33 persen.
Sementara itu, peningkatan penjualan juga dicatat oleh Honda Brio RS, yaitu dari 473 unit pada bulan Juni menjadi 518 unit pada bulan Juli. Secara keseluruhan, Honda Brio mengumpulkan penjualan sebesar 2.215 unit sepanjang bulan Juli.
Model-model Honda lainnya ikut menunjukkan tren penjualan yang positif. Honda HR-V terjual sebanyak 599 unit, meningkat 74 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang tercatat 343 unit. Honda Jazz membukukan penjualan sebesar 434 unit, naik 48 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang terjual 293 unit.
Sementara Honda Mobilio terjual sebanyak 282 unit, meningkat 72 persen dari bulan sebelumnya yang tercatat 164 unit. Honda CR-V terjual sebesar 246 unit, meningkat 28 persen dari bulan sebelumnya yang tercatat 192 unit. Honda BR-V juga menyumbang penjualan sebesar 112 unit, meningkat 70 persen dari bulan sebelumnya yang terjual sebanyak 66 unit.
Disusul, Honda Civic Hatchback yang terjual sebanyak 61 unit, meningkat 17 persen dibandingkan dengan bulan Juni yang tercatat 52 unit. Honda Civic sedan turut memberikan kontribusi penjualan sebesar 37 unit, meningkat 42 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 26 unit.
Honda Accord terjual sebanyak 23 unit, meningkat 15 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 20 unit. Sementara Honda City terjual sebesar 21 unit, meningkat 50 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang terjual 14 unit. Honda Odyssey terjual sebanyak 5 unit, meningkat 25 persen dari bulan sebelumnya yang tercatat 4 unit serta Honda Civic Type R terjual 1 unit setelah bulan sebelumnya tidak ada penjualan.
Yusak Billy mengatakan, ”Meskipun secara total belum dapat menyamai penjualan tahun lalu, penjualan bulan Juli kembali menjadi indikator positif setelah selama dua bulan berturut-turut menunjukkan peningkatan cukup signifikan. Kontribusi dari pembeli pertama di segmen LCGC dan mobil keluarga menjadi faktor penting peningkatan penjualan tersebut.”
HPM pun ikut berpartisipasi dalam ajang Indonesia Otomotif Online Festival (IOOF) 2020 yang digelar 25-29 Agustus lalu. IOOF merupakan festival otomotif daring di Indonesia yang diselenggarakan oleh Google dan KG Media. Selama lima hari, dalam festival IOOF digelar berbagai acara virtual mengenai ulasan produk, pengetahuan otomotif, hingga program pembelian dan pembiayaan yang didukung berbagai narasumber.
”Saat ini kami melihat terjadi perubahan perilaku konsumen otomotif yang menjadikan platform digital sebagai sumber utama dalam menentukan pilihan produk dan mulai terbuka untuk melakukan pembelian secara online,” ujar Billy.
Secara nasional, penjualan Honda yang datang dari jalur daring mengalami peningkatan pada tahun 2020. Sekitar 50 persen total penjualan Honda hingga bulan Juli lalu datang dari jalur daring. Tak hanya menyediakan informasi melalui situs web dan media sosial, Honda juga memperluas jalur penjualan dengan membuka toko resmi di beberapa situs e-dagang di Indonesia. (*)