Rebut Hati Pelanggan, BMW Menyediakan Inovasi Digital Premium
Pandemi Covid-19 semakin melahirkan banyak kreativitas, terutama kreativitas dalam mendorong penjualan, seperti dilakukan BMW Group Indonesia. Situs terbaru secara virtual kini berada di genggaman pelanggan.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Strategi pemasaran digital masa depan yang telah lama direncanakan seakan mendapat ”angin segar” baru. Pandemi Covid-19 yang sangat mengkhawatirkan banyak orang, termasuk sejumlah pelanggannya, mendorong BMW Group Indonesia secara resmi menyediakan layanan inovasi premium demi merebut hati pelanggan.
Bentuk layanan premium terbaru itu berupa situs interaktif yang memudahkan pelanggan, tanpa perlu datang ke dealer. Strategi dan inovasi sebagai tonggak sejarah terbaru di era digital ini diluncurkan setelah mencermati kesuksesan Program Ritel Masa Depan BMW pada 2017.
Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia, dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (12/8/2020), mengatakan, ”Digitalisasi merupakan bagian penting dari strategi BMW Group secara global. Secara konsisten, BMW Indonesia terus kembangkan inovasi untuk wujudkan strategi digitalisasi. Inti dari inisiatif terbaru BMW Indonesia yang diluncurkan saat ini adalah inovasi dalam hal layanan pelanggan secara digital.”
Direktur Komunikasi BMW Group Indonesia Jodie O’Tania bersama Wakil Presiden Penjualan BMW Indonesia Bayu Riyanto dan Kepala Digital BMW Asia Irham Farhan, dalam peluncuran secara virtual langsung menunjukkan keunikan dari situs digital tersebut. Tinggal klik situs interaktif www.mybmwdealer.co.id, pengalaman premium ruang pamer BMW dan juga keramahan para business consultant BMW dapat dirasakan dari mana saja.
Kemudahan meraih pengalaman premium ala BMW pun langsung dipraktikkan. Benar juga, tanpa banyak mengisi formulir data pelanggan secara digital, yang biasanya bikin mengurangi semangat pelanggan, situs itu langsung membawa pelanggan berkomunikasi dengan konsultan-konsultan bisnis dan atau service advisor BMW.
Kemudian, pelanggan bisa memilih ruang pamer BMW terdekat yang bisa dikunjungi secara virtual. Bahkan, misalnya, pelanggan ingin melihat interior mobil BMW Seri 7 terbaru, pelanggan seakan bisa merasakan berada di dalam kabin mobil tersebut dengan 360˚ Model Tour.
Di masa pandemi Covid-19 ini, BMW sudah memberikan berbagai terobosan strategi menarik untuk mendorong penjualannya. Sebelumnya, BMW Group Indonesia menggandeng platform belanja digital Tokopedia. Sementara beberapa dealer, seperti Astra BMW, menggandeng Blibli dan Eurokars menggandeng Lazada.
Jodie mengatakan, BMW berupaya menjaga citra sebagai kendaraan bermerek premium. Karena itulah, platform Tokopedia tetap mendapatkan rancangan penuh dari BMW dalam penampilannya yang langsung dilihat oleh pelanggan. Program-program pun didesain oleh BMW Group Indonesia sesuai kelas premium BMW.
Bayu mengatakan, BMW Group Indonesia fokus pada platform belanja daring (online) Tokopedia, tetapi tidak menutup kemungkinan akan membuka peluang di platform lainnya.
Dari data BMW Group Indonesia, penjualan BMW yang dilakukan selama masa awal pandemi Covid-19 pada April hingga Juli, mencapai 1.034 unit. Kenaikan penjualan yang terjadi dalam kurun waktu April ke Mei mencapai 55 persen.
Sementara, penjualan dari Mei ke Juni, sempat turun menjadi 47 persen. Gencarnya strategi pemasaran yang dilakukan BMW membuat penjualan Juni ke Juli meningkat lagi menjadi 62 persen. Bahkan, dari seluruh kurun waktu tersebut, penjualan BMW Seri 7 menempati posisi teratas.
”Dari penjualan sebanyak 1.034 unit selama April-Juli, penjualan diperoleh secara online sebesar 20 persen. Hal inilah yang membuat kami percaya diri. Terlebih, penjualan secara online itu ternyata mampu melebihi ekspektasi kami,” kata Bayu.
Mempertahankan citra
Saat keterbatasan tatap muka dengan pelanggan dibatasi untuk sama-sama mencegah penyebaran Covid-19, sebagian besar industri otomotif di Tanah Air mengalami penurunan penjualan. Berbagai langkah dilakukan BMW untuk tetap menunjukkan citrasebagai mobil premium dengan segala kemewahan dan kemajuan teknologinya.
Jodie menegaskan, ”Solusi digital menjadi bentuk inovasi dan efektif yang digunakan untuk menjawab berbagai kebutuhan. Mulai dari memberikan solusi purchasing, layanan kendaraan, produksi, hingga customer experience. Ini sudah menjadi strategi global BMW jangka panjang.”
Situs web yang baru diluncurkan ini akan menjadi titik masuk digital (digital touchpoint) utama dengan pengalaman virtual yang lebih dikembangkan dalam hal kunjungan dealer, sarana komunikasi dengan business consultant dan service advisor, serta eksplorasi kendaraan terbaru BMW secara virtual.
Hal ini merupakan bagian dari strategi digitalisasi jangka panjang BMW Indonesia untuk menghadirkan Premium Retail Experience kepada pelanggan BMW, khususnya dalam proses jual-beli kendaraan BMW, dengan akses mudah dari kenyamanan rumah pelanggan.
Sebelum meluncurkan BMW Virtual Experience, BMW Group Indonesia pekan ini juga meluncurkan Groominx Concierge Project. Pengalaman yang menarik diberikan ketika pelanggan hendak melakukan uji kendaraan. Selain mobilnya diantar ke rumah pelanggan dengan standar kesehatan terkait pencegahan Covid-19, pelanggan juga mendapat layanan potong rambut di rumah.
Irhan Farhan, Head of Digital BMW Asia, sempat menceritakan kisah singkat konsumen yang merasa dikecewakan oleh pelayanan dealer mobil premium lain. Sebagai konsumen dengan status ”naik kelas” kehidupannya, sejak awal mengunjungi dealer sudah memiliki gambaran akan membeli mobil dengan merek tertentu.
Namun, karena merasa dikecewakan, kata Irhan, calon konsumen itu beranjak pergi. Bukan mencari dealer lain yang sama-sama menjual produk mobil incarannya, tetapi justru beralih mengunjungi dealer BMW. Dari sanalah, BMW merasa ditantang untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya.
”Keterbukaan informasi dan kemudahan untuk berkomunikasi adalah kunci di samping infrastruktur teknologi yang canggih. BMW Virtual Showroom menjadi solusi bagi para calon pelanggan ataupun pelanggan BMW untuk mencoba channel komunikasi baru yang lebih komprehensif dengan business consultant dan service advisor terbaik dan masuk dalam kategori BMW Elite Club BMW,” kata Irhan.
Situs BMW Virtual Showroom juga memudahkan para pelanggan untuk berkomunikasi langsung dengan businessconsultant terbaik BMW dengan aplikasi Whatsapp atau via telepon. (OSA)