Fenomena Kawasaki ZX-25R, Mengembalikan Pasar 250 Cc Empat Silinder
Para penggemar rela antre sejak dini hari untuk mendapatkan Kawasaki Ninja ZX-25R terbaru. Dengan mesin empat silinder segaris, motor ini membangkitkan kembali kejayaan motor 250 cc dengan suara dan performa motor super.
Pandemi Covid-19 memukul sejumlah lini bisnis tanah air, tak terkecuali industri sepeda motor. Bahkan, penutupan sementara produksi otomotif menjadi langkah yang tak terhindarkan untuk menyelamatkan pekerja dan menjaga pasokan stok di samping karena anjloknya permintaan.
Namun, memasuki era normal baru, secercah harapan diperoleh dari fenomena keunikan pasar motor Tanah Air. Pasar pengguna roda dua Indonesia yang terbesar ketiga di dunia atau pertama di Asia Tenggara memiliki karakter selera yang spesifik, baik dari model, tampilan, maupun mesin.
PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sebagai salah satu pelaku industri roda dua yang konsisten bermain di kelas sport 250 cc terus menciptakan pasar baru untuk memenuhi keinginan para bikers tersebut. Salah satu contohnya adalah kesuksesan varian motor trail KLX 150 hingga kini masih menjadi salah satu benchmark di kelasnya.
Dua pekan lalu, tepatnya Jumat (10/7/2020), PT KMI meluncurkan motor sport ZX-25R alias Ninja 250 empat silinder dan secara resmi mulai memasarkannya sehari setelahnya. Sebanyak 200 unit ZX-25 R yang menyandang mesin empat silinder segaris 4-tak ludes dibeli dalam dua hari pertama.
Antrean peminat sempat terjadi sejak dini hari di diler utama PT KMI Abdul Muis, Jakarta, untuk meminang motor yang ditawarkan seharga Rp 96 juta (varian standar) dan Rp 112,9 juta (varian ABS SE).
Generasi pertama Kawasaki ZXR 250 empat silinder pernah muncul pada periode 1989 hingga 1997 pada era motor karburator, bersama varian sejenis dari merek lain, seperti Honda CBR 250 RR dan Yamaha FZR 250R. Kemunculan ZX-25R ini sebagai generasi penerus seolah memberi oase di tengah gurun bagi para penggila motorsport, sekaligus menjadi amunisi bagi PT KMI untuk memberikan penyegaran di tengah pasar motor sport 250 cc.
Pemesan ZX-25R harus mengambil nomor antrean terlebih dahulu. Setelah itu, mereka dipersilakan melalui prosedur pemesanan yang mengutamakan protokol kesehatan. PT KMI memanjakan konsumen dengan memberikan keistimewaan pengalaman yang sangat didamba calon pengguna ZX-25R, yaitu mendengarkan impresi pertama raungan mesin empat silinder segaris yang sebelumnya hanya dapat didengar dari iklan motor tersebut di Youtube.
Para calon konsumen yang sudah mengantre sejak dini hari diberi kesempatan bergiliran mendengarkan suara khas motor tersebut. Sebanyak lima pelanggan pada setiap giliran berkesempatan mengomparasi tiga raungan knalpot yang berbeda di garasi PT KMI. Pertama dari varian ABS dengan knalpot standar. Kemudian motor varian standar dengan produk knalpot aftermarket Akrapovic yang langsung menyemburkan suara khas mesin motor besar empat silinder, tapi cenderung kalem dan membulat.
Terakhir masih dengan tipe motor standar dengan knalpot Yoshimura yang lebih serak dan liar. Raungan suara mesin hingga menyentuh red line di 17.000 rpm dinikmati betul oleh mereka sehingga dapat membedakan di antara ketiganya. Setelah puas mendengarkan hingga durasi sekitar 10 menit hampir selesai, tak lupa kesempatan berfoto dimanfaatkan.
Beragam komentar muncul dari mereka. Menurut Jamal, seorang pria paruh baya salah satu pemesan ZX-25R, suara knalpot standar masih terlalu lugu. ”Mau dipakai saya dan anak saya nanti,” ujar pemilik motor besar tipe avontur di garasinya. Pastinya ia akan menggantinya dengan salah satu dari pilihan knalpot aftermarket tersebut untuk mengeluarkan karakter suara empat silinder.
Fenomena minat penggemar motor sport ini bukanlah anomali pasar di kala pandemi jika melirik fitur-fitur yang ditawarkan ZX-25R dan rentang harga Rp 100 jutaan. Bagi peminat motor sport kelas menengah atas, peluncuran sepeda motor ini menjadi kesempatan untuk meminang motor empat silinder dengan suara khas moge, dan dibekali teknologi terkini yang lebih lincah dan ramah untuk keseharian di jalanan perkotaan Jakarta.
Belum lagi pertimbangan pajak yang lebih rendah, biaya perawatan dan suku cadang dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit dibandingkan jika harus memelihara moge supersport di atas 250 cc. Semua pasti menjadi poin yang semakin mengukuhkan pilihan tersebut.
Sarat fitur dan performa
Kawasaki memang tak tanggung-tanggung menjejalkan berbagai fitur terkini untuk Ninja ini. Mesin injeksi yang anyar telah dibekali dengan Electronic Throttle Valves (ETV). Dilengkapi dengan ECU spesifikasi tinggi, mesin Ninja ZX-25R dapat mengontrol volume bahan bakar (via injektor bahan bakar) dan udara (via throttle valves) yang dikirimkan ke mesin sehingga membuat ETV tidak hanya memberikan respons mesin yang halus, tetapi juga membuat pengendara dapat menggunakan Kawasaki Electronic Rider Support System seperti kontrol traksi, mode tenaga selektif, dan quick shifter dua arah untuk naik turun gigi transmisi.
Sektor penyalur tenaga masih ditambah slippery clutch untuk memperhalus pemindahan gigi. Penyematan autoblipper juga turut meminimalkan inefisiensi tenaga dan waktu saat perpindahan gigi dengan mengurangi engine brake saat menurunkan gigi tanpa menarik tuas kopling layaknya moge sport generasi terkini.
Keluaran tenaga sebesar 36.8 kW (50 PS) dihasilkan mesin 4 silinder Ninja ZX-25R dikombinasikan dengan rentang tenaga low-mid yang kuat dan revving power yang tinggi. Raungan RPM tinggi yang melewati 17.000 rpm inilah yang membedakan Ninja ZX-25R dari tarikan gas motor-motor 2 silinder.
Ninja ZX-25R merupakan motor 250 cc pertama yang memiliki fitur kontrol traksi. Sistem yang canggih ini meningkatkan performa pengendaraan di tikungan dan memberikan ketenangan saat menghadapi permukaan jalan yang tidak rata dengan percaya diri. Mode Three-Rider Selectable yang terpasang pada motor ini menawarkan berbagai tingkat instrusi yang dapat dipilih sesuai preferensi pengendara.
Terdapat pilihan mode full power atau low power yang membuat pengendara dapat mengatur aliran power yang sesuai dengan kondisi dan preferensi pribadinya. Full power untuk menikmati performa 4 silinder yang alami dan low power untuk aliran power dan respons gas yang optimal saat jalanan licin karena cuaca kurang baik atau disesuaikan dengan kondisi jalan lainnya.
Sektor sasis Ninja ZX-25R didukung high-tensile steel trellis frame. Suspensi depan telah mengadopsi upside down berdiameter 37 milimeter dengan teknologi Separated Front Fork-Big Piston (SFF-BP). Suspensi belakang menggunakan monosok horizontal dengan back-link membuat stabilitas dan handling-nya setara motor supersport. Kombinasi suspensi ini dibuat agar motor nyaman di jalan raya, tapi siap juga bermanuver di sirkuit.
Tampilan wajah depan Ninja ZX masih senada dengan versi dua silinder, yakni sudah menggunakan lampu LED. Pembedanya adalah lubang Ram Air Duct System yang diposisikan di tengah untuk menyalurkan udara dan menunjang performa mesin. Desain ini diadopsi dari Ninja H2.
Kawasaki Ninja ZX-25R hadir ke Indonesia dalam 2 tipe, yaitu tipe Standard dan Special Edition (ABS - SE). Yang membedakan, tipe SE memiliki tambahan grafis warna, serta beberapa fitur dan aksesori, antara lain rem ABS, Kawasaki Quickshifter (KQS) dua arah, pillion seat cover / single seat cover, smoked windshield, frame slider, dan wheel rim tape.
Tipe Standard hadir dalam warna Metallic Spark Black (hitam) untuk tipe SE hadir dalam tiga warna two tone, yaitu Lime Green/Ebony, Metallic Spark Black/Pearl Flatdust White, Candy Plasma Blue/Metallic Spark Blue.