”Digital Showroom” MG Pertama di Indonesia Bidik Tiga Generasi
Konsep digital mau tidak mau dijadikan prioritas, termasuk di dunia otomotif. MG, merek mobil asal Inggris, untuk pertama kalinya menghadirkan ”digital showroom” di The Breeze BSD dan Lippo Mall Puri.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·3 menit baca
TANGERANG, KOMPAS — Sejak meluncurkan model perdananya, MG ZS, pada 24 Maret 2020, MG Motor Indonesia mulai berpikir keras memasarkan produknya. Apalagi, kehadirannya di pasar otomotif Indonesia bertepatan dengan penurunan tajam penjualan karena pandemi Covid-19. Mau tidak mau, kekuatan digital menjadi ujung tombak pemasarannya.
Salah satu langkah yang diambil MG Motor Indonesia adalah bekerja sama dengan Eurokars membuka digital showroom di area santai The Breeze, BSD, Serpong, Banten, Selasa (23/6/2020). Secara bersamaan, MG juga meresmikan gerai digital showroom di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat.
Konsep kedua gerai itu ingin mengadopsi teknologi digital berupa panel layar sentuh yang terproyeksikan ke sebuah layar besar. Kedua gerai ini bertujuan memberikan sebuah pengalaman baru yang tak hanya menyenangkan, tetapi juga membuat nyaman pandangan mata konsumen saat mengeksplorasi unit MG pilihannya.
Kedua gerai itu ingin menawarkan inovasi yang sejalan dengan standar kualitas sebagaimana diterapkan oleh MG pada setiap pengembangan produknya, yaitu Brit Dynamic. Gerai ini dibangun untuk menyasar tiga generasi, mulai dari generasi X, Y, hingga Z.
Arief Syarifudin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia, mengatakan, ”Bagi kami, yang terpenting adalah membangun pengalaman pelanggan yang memuaskan serta nyaman. Kompetisi tidak hanya terbatas pada kehematan konsumsi bahan bakar, tarikan mesin, ataupun fitur-fitur yang memang sudah tersedia pada produk perdana kami, tetapi bagaimana membuat konsumen merasakan keunggulan merek dari sejak melangkahkan kaki ke dalam outlet, eksplorasi unit, hingga menyetirnya di jalan.”
Menurut Arief, sejalan dengan konsep Brit Dynamic, yang sejak awal terbentuk dari visi para pendiri MG, yaitu Cecil Kimber dan William Morris, pihaknya ingin membesarkan merek MG di Indonesia dengan konsistensi kualitas secara menyeluruh.
Rendi Radito, Direktur Penjualan MG Motor Indonesia, menambahkan, ”Konsumen tidak hanya dimudahkan dalam mengeksplorasi spesifikasi unit MG pilihannya saat menggunakan teknologi layar sentuh ini. Namun, dengan bantuan rekan penjualan kami, konsumen dapat mengalkulasikan kisaran uang muka, angsuran, serta fasilitas pembiayaan yang dapat dimanfaatkan untuk memiliki unit MG pilihannya.”
Hingga sekarang, seluruh gerai MG yang tersedia di tujuh titik, mulai Jabodetabek hingga Bandung (Jawa Barat), telah kembali beroperasi dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan dan keselamatan pelanggan. Langkah itu dilakukan sesuai anjuran pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19.
Saat ini, lima outlet lainnya merupakan outlet 3S (sales, service, dan spare-parts) yang dapat dikunjungi di Samanhudi, Pondok Indah, Warung Jati Barat, Cibubur, serta Soekarno-Hatta, Bandung. Sementara pelanggan yang berdomisili di wilayah sekitar Kebon Jeruk dapat mengunjungi bengkel resmi Eurokars. Selain Eurokars, MG Motor Indonesia juga telah menjalin kerja sama dengan dealer Andalan, Nusantara, serta Hascar dalam menjangkau publik Indonesia.
Dalam jangka panjang, MG menargetkan dapat mendirikan lebih banyak outlet di kota-kota lain di Indonesia. Kesiapannya dalam membuka kembali jaringan outlet-nya selepas masa pembatasan sosial berskala besar dan memasuki masa transisi ke kenormalan baru menunjukkan MG Motor Indonesia ingin membuktikan ketangguhannya sebagai merek otomotif yang tahan uji.
Selama bulan Juni 2020, setiap calon konsumen MG berkesempatan menikmati berbagai penawaran terbatas yang dikemas sebagai New Normal Deal. Semua itu dapat ditemukan lebih lengkap di situs resmi mgmotor.id dan Instagram resmi @mgmotor.id untuk mendapatkan kabar terbaru dari MG Motor Indonesia.