Komponen Pompa Bahan Bakar Xpander Bermasalah, Mitsubishi Siap Perbaiki
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia mengumumkan program kampanye perbaikan untuk model kendaraan Mitsubishi Xpander. Komponen pompa bahan bakar Xpander keluaran tahun 2017-2019 bermasalah dan akan diganti.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·3 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Anda pemilik mobil Mitsubishi Xpander segeralah memanfaatkan momentum perbaikan secara gratis di bengkel resmi Mitsubishi terdekat. Baru-baru ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia selaku distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan dari Mitsubishi Motors Corporation di Indonesia menemukan indikasi fuel pump atau pompa bahan bakar di dalam tangki dapat berhenti beroperasi sehingga berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja.
Berdasarkan investigasi yang dilakukan, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), kemungkinan penyebabnya adalah impeller di bagian dalam pompa memuai dan berubah bentuk, kemudian bergesekan dengan bagian di sekitarnya, sehingga impeller tersebut berhenti berputar. Kondisi itu ditemukan pada Mitsubishi Xpander produksi tahun 2017-2019. Sebanyak 139.111 unit yang diproduksi pada rentang 2017-2019 itu perlu diperiksa dan diganti komponen pompa bensinnya.
MMKSI, dalam siaran pers yang diterima Kompas di Jakarta, Senin (22/6/2020), mengumumkan program Field Fix Campaign atau kampanye perbaikan untuk model kendaraan Mitsubishi Xpander itu. Hal ini sebagai wujud kepatuhan terhadap ketentuan yang diatur di dalam perundang-undangan yang berlaku, khususnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM.53 Tahun 2019 tentang Tata Cara Penarikan Kembali Kendaraan Bermotor, serta bentuk tanggung jawab dan komitmen dalam memastikan keamanan dan kenyamanan konsumen.
Kampanye perbaikan dilakukan untuk melakukan pemeriksaan pada label modul fuel pump Xpander dan melakukan pergantian unit fuel pump dengan komponen yang sudah disempurnakan. Estimasi pelaksanaan pemeriksaan sekitar satu jam per unit serta proses pemeriksaan dan perbaikan sekitar dua jam per unit.
Prosedur untuk konsumen
MMKSI melalui dealer kendaraan penumpang Mitsubishi di seluruh Indonesia akan menginformasikan dan mengirimkan undangan kampanye perbaikan kepada konsumen yang memiliki Xpander tahun produksi 2017-2019. Kampanye perbaikan tersebut dimulai pada 22 Juni 2020 di seluruh dealer kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia.
Konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengikuti kampanye perbaikan ini dan dapat berpartisipasi dengan metode, pertama-tama, mendatangi dealer resmi. Konsumen terkait dapat datang ke dealer resmi Mitsubishi Motors untuk memeriksakan kendaraannya. Apabila ID produk fuel pump sesuai dengan daftar mobil yang terkait di program ini, konsumen akan mendapatkan penggantian suku cadang pompa bahan bakar yang sudah disempurnakan.
Untuk memudahkan pelaksanaan kampanye perbaikan, konsumen dapat mengatur jadwal pemeriksaan dengan memanfaatkan fasilitas service booking melalui Mitsubishi Motors Customer Care ataupun aplikasi My Mitsubishi ID.
Langkah kedua, melalui fasilitas Home Service. Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pada situasi pandemi Covid-19 saat ini, konsumen dapat memanfaatkan layanan Home Service sebagai pilihan tambahan dari opsi datang langsung ke dealer. Apabila ID produk Fuel Pump sesuai dengan daftar mobil terlibat di program ini, konsumen akan mendapatkan penggantian suku cadang pompa bahan bakar yang sudah disempurnakan.
Xpander merupakan model yang sangat penting bagi Mitsubishi Motors dan Indonesia. Program kampanye perbaikan merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan guna memastikan keamanan dan kenyamanan serta menjamin layanan purna jual berkualitas bagi para pengguna kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia.
”Kami mengundang konsumen setia Mitsubishi Xpander untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya dengan prosedur yang mudah dan tanpa biaya,” ungkap Naoya Nakamura, President Director of MMKSI.
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kampanye perbaikan dan melakukan service booking untuk kemudahan pengaturan waktu perbaikan, konsumen dapat menghubungi Mitsubishi Motors Customer Care di 0804-1-300-300 ataupun menggunakan aplikasi My Mitsubishi ID. Informasi lokasi dan kontak dealer terdekat dapat dilihat di www.mitsubishi-motors.co.id/cari-dealer. (OSA)