Countryman John Cooper Works, Paket Mini Penuh Adrenalin
MINI John Cooper Works Countryman, atau untuk lebih mudahnya kita sebut saja MINI Countryman JCW, adalah versi bertenaga lebih dari MINI Countryman. Tak heran jika kesenangan yang kita dapatkan menjadi serba lebih.
Oleh
Dahono Fitrianto
·4 menit baca
Tidak banyak mobil yang bisa membuat pemakainya begitu masuk ke kabin kemudi langsung merasa menyatu dengan mobil, lalu percaya diri membawanya keluar, dan serta-merta merasakan desiran adrenalin begitu pedal gas diinjak. Mobil ini adalah satu dari segelintir itu.
MINI John Cooper Works Countryman, atau untuk lebih mudahnya kita sebut saja MINI Countryman JCW, adalah versi bertenaga lebih dari MINI Countryman. Tak heran jika kesenangan yang kita dapatkan dari Countryman menjadi serba lebih di varian JCW ini.
Lebih kencang, lebih cepat, lebih presisi, dan lebih mendebarkan. Angka di atas kertas sudah menunjukkan itu. Dengan mesin empat silinder 2.000 cc berturbo yang ditingkatkan performanya, tenaga Countryman JCW terdongkrak hingga 306 HP dan torsi maksimumnya mencapai 450 Nm!
Sekadar pembanding, MINI Cooper S Countryman, yang spesifikasinya setingkat di bawah varian JCW, ”hanya” memiliki tenaga maksimum 192 HP dan torsi puncak 280 Nm. Wajar jika orang menyamakan varian JCW ini dengan model-model M pada BMW atau AMG pada Mercedes.
Kidd Yam, Head of MINI Asia, mengatakan, dua model MINI mendapat mesin terkuat yang pernah dipasang pada MINI ini, yakni MINI Countryman JCW dan MINI Clubman JCW. ”Generasi terbaru dari mesin 4 silinder yang dikembangkan untuk rangkaian kendaraan John Cooper Works dengan teknolohi MINI Twinpower Turbo meningkatkan performa mesin sebesar 32 persen dan torsi bertambah 29 persen,” papar Kim.
Sementara Presiden Direktur BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan menggarisbawahi peluncuran rangkaian MINI John Cooper Works ini sebagai bagian dari sejarah panjang MINI di dunia balap. ”MINI memiliki banyak prestasi dan sejarah panjang di dunia balap. Rangkaian kendaraan new MINI John Cooper Works ini hadir untuk penuhi kebutuhan para fans MINI akan kendaraan sport kompak premium yang sesuai untuk lintasan balap, tetapi juga tetap dapat mengakomodasi aktivitas harian,” tutur Ramesh Divyanathan. MINI adalah salah satu merek di bawah BMW Group.
Limpahan tenaga itu menggerakkan bodi mobil kompak yang berat kosongnya hanya sekitar 1,5 ton. Ditambah penyaluran tenaganya melalui sistem penggerak empat roda (all wheel drive) All4, lengkap sudah resep kegairahan berkendara pada mobil ini.
Bayangkan membawa mobil ini memasuki jalan tol dalam kota yang lengang di tengah malam di masa pembatasan sosial belakangan ini. Tanpa bermaksud ngebut dan mode berkendara masih di posisi MID atau normal, tahu-tahu head-up display (HUD) sudah menunjukkan angka 150 km per jam tanpa susah payah sama sekali. Pedal gas harus segera dilepas sekadar agar aturan batas kecepatan tidak dilanggar.
Keesokan harinya, di rute uji coba khusus yang dipilih Kompas, mobil sempat menyentuh angka 202 km per jam dalam mode Sport. Dan itu masih banyak tenaga tersisa. Adrenalin mengucur deras! Ditambah suara knalpot yang menyalak merdu pada mode Sport ini, membuat kegiatan mengemudi menjadi sesuatu yang harus dirayakan.
Percaya diri
Cukup sudah bicara soal performa ini. Pengujian sesaat itu sudah cukup membuat kami percaya kecepatan maksimum 250 km per jam akan dengan mudah diraih mobil ini dalam situasi dan kondisi yang memungkinkan. Atau bahkan bisa lebih dari itu.
Semua itu dilakukan dengan mobil masih sangat nyaman dikendarai. Karakter suspensi yang mantap, sasis yang rigid, dan kemudi yang presisi membuat perjalanan begitu percaya diri dilalui. O, ya, jangan lupa mencari kunci rahasia untuk mengaktifkan launch control, yang bakal membuat akselerasi mobil lebih spontan dan dahsyat lagi.
Meski demikian, semua itu harus dibayar dengan bantingan kaki-kaki yang keras pada saat harus melintas jalan rusak atau polisi tidur. Ya, wajar, karena ini memang mobil berkarakter sport.
Memang, dengan harga Rp 1,390 miliar (off the road), Countryman JCW juga berusaha memberikan fitur kenyamanan ekstra bagi para pembelinya. Maka, dihadirkan climate control dua zona, interior dan roda kemudi berlapis kulit sintetis Dinamica, atap panoramik, cruise control dengan fungsi pengereman, dan sistem audio besutan Harman/Kardon yang terdengar cukup premium.
Meski demikian, beberapa fitur yang lazimnya ada di mobil seharga ini terlihat absen, seperti pengatur posisi kursi elektronik dan fitur-fitur keselamatan aktif macam lane departure warning, lane keep assist atau blind spot monitor. MINI Countryman JCW kelihatannya memang sengaja dirancang untuk agak ”telanjang” dari fitur-fitur ini sekadar untuk membuat pengendaranya kembali ke kenikmatan asasi berkendara mobil sport!