New Suzuki Ignis Menerobos Pasar di Tengah Covid-19
Penyebaran Covid-19 tak menyurutkan PT Suzuki Indomobil Sales untuk meluncurkan produk New Suzuki Ignis. Walaupun dirasakan berat, pemasaran Ignis terbaru ini diperkirakan dapat menstimulus pasar otomotif Indonesia.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Optimisme menembus pasar, mobil mungil berkarakter urban sport utility vehicle, New Suzuki Ignis, dalam perubahan minor diluncurkan secara virtual. Sejak diperkenalkan pertama kali di pasar otomotif Indonesia tahun 2017, Suzuki Ignis terus mewarnai jalanan di Indonesia.
Produk SUV dengan tagline ”The New Breed of Urban SUV” itu diluncurkan secara virtual melalui aplikasi Zoom oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Jakarta, Kamis (8/4/2020) sore. Peluncuran virtual ini menghadirkan Dony Saputra, Direktur Pemasaran Roda 4 PT SIS, Kepala Pengembangan Produk Roda 4PT SIS Yulius Purwanto, dan Kepala PR dan Departemen Perencana Strategi Digital SIS Rudiansyah, dengan dipandu Kepala Pengembangan Brand Roda 4 dan Peneliti Pemasaran SIS Harold Donnel.
Peluncuran ini tak dapat dilepaskan dengan isu pencegahan penyebaran virus Covid-19. Sejumlah pertanyaan menyangkut produk terbaru ini lebih dominan dibayang-bayangi isu tersebut, terlebih prediksi pasar otomotif yang bakal menurun tahun ini. Bahkan, jajaran SIS secara terbuka menyebutkan terlebih dahulu langkah yang diambil dengan menutup sementara kegiatan produksi di tiga pabrik Suzuki di Indonesia.
Soal penjualan Suzuki, Rudiansyah mengungkapkan, SIS sudah mengimbau semua dealer untuk tetap memberikan pelayanan kepada pelanggan. Tentu, pelayanan tersebut sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pemerintah, mulai dari penyediaan cairan pembersih tangan, mengukur suhu tubuh pelanggan, dan menjaga jarak dalam perjumpaan langsung di ruang dealer.
Soal target penjualan New Suzuki Ignis, Dony menjelaskan, jika dilihat proyeksi Gaikindo yang menyebutkan pasar turun sebesar 40 persen tahun ini, kontraksi pasar ini bisa tergantung pada tiga hal, yakni regulasi, kondisi ekonomi, dan stimulus produk.
”Khusus untuk Ignis, kami mencoba stimulus dengan mengeluarkan produk baru. Tujuannya, Ignis bisa mendapatkan 35 persen market share di segmen city car (mobil perkotaan)di Indonesia,” kata Dony.
Untuk mendorong penjualan di tengah wabah Covid-19, Suzuki merasakan pula kondisi pasar yang menantang ini. Namun, SIS ingin menyikapi dengan rasa positif. Kehadiran New Suzuki Ignis ini disebut sebagai langkah SIS untuk menstimulus pasar otomotif di segmen mobil perkotaan.
Selain peluncuran, kata Dony, SIS melengkapi dengan berbagai program penjualan dengan bonus Apple MacBook 13 inci dengan memori 128 GB selama bulan April 2020. Juga, program gratis suku cadang dan biaya perawatan berkala hingga 50.000 kilometer bagi pelanggan yang membeli New Suzuki Ignis ini.
Keunggulan
Yulius mengungkapkan berbagai keunggulan yang disematkan dalam New Suzuki Ignis. Adapun perubahan terbaru New Ignis terletak pada sisi eksterior yang menjadikannya sebagai urban SUV, seperti desain bumper depan dan diffuser, grille, lampu kabut dan bezel, serta desain bumper belakang yang kini hadir dengan rear reflector dan diffuser.
Pada sisi interior, terdapat perubahan dengan adanya desain baru penutup jok. Selain itu, tampilan kunci New Ignis juga hadir dengan bentuk baru yang lebih keren. Bentuk kunci yang sudah keyless ini jauh lebih simpel.
Dari segi dimensi, New Ignis tetap hadir dengan panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.595 mm. Dapur mesin dilengkapi mesin K12M 4 silinder 16 katup berkapasitas 1.197 cc, dengan tenaga maksimum 83 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.200 rpm. Wheelbase sepanjang 2.435 mm dan ketinggian ground clearance 180 mm yang memungkinkan kendaraan bermanuver di jalanan perkotaan ataupun di luar aspal.
New Ignis juga memiliki fitur-fitur yang menambah kenyamanan serta kemudahan berupa push start/stop button, keyless entry, tilt steering, roda kemudi dengan switch audio dan konektivitas bluetooth buat telepon, AC auto climate dengan heater, kursi belakang bisa dilipat 60:40,speedometer berdesain sporty, dan kapasitas bagasi 260 liter.
Untuk keamanan pelanggan selama berkendara, New Ignis juga dibekali fitur keselamatan anti-lock braking system (ABS), electronic brake-force distribution(EBD), brake assist (BA), dual SRS airbag, side impact beam, ISOFIX, immobilizer, pretensioner front seat belt, dan sasis HEARTECT.
Desain eksterior diklaim lebih gagah, bergaya muda, serta interior yang modern. New Ignis hadir untuk melengkapi gaya hidup kaum urban yang dinamis.
”Untuk melengkapi kebutuhan kaum urban, kami meluncurkan New Ignis yang kini tampil lebih modern, memiliki banyak fitur untuk mendukung kenyamanan dan mobilitas, serta ground clearance yang cukup tinggi di kelasnya sehingga menambah kebanggaan dalam menunjang kegiatan dan gaya hidup perkotaan yang dinamis,” ujar Dony.
Semua keunggulan tersebut membuat SIS optimistis New Ignis akan mendapat respons positif dari pelanggan karena menawarkan nilai terbaik di kelasnya.
New Ignis hadir dengan dua tipe yaitu GL dan GX dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan transmisi semiotomatis Auto Gear Shift (AGS). Selain itu, New Ignis juga tersedia dalam 9 pilihan warna.
Mesin Ignis bertipe K12M juga dipersiapkan memberikan pengalaman lebih baik, ketika menjalani rutinitas harian berkat radius putar 4,7 meter. Posisi air intake (penyaring masuknya aliran udara) setinggi 700 mm, membuat Suzuki Ignis bisa menerobos genangan air.
Harga New Ignis untuk on the road Jabodetabek dibandrol seharga Rp 171 juta hingga Rp 200 juta. (OSA)