New Agya ”Joker” Diluncurkan di Tengah Ancaman Covid-19
Penyebaran Covid-19 tak menyurutkan PT Toyota Astra Motor dalam meluncurkan New Agya. Walaupun tanpa kehadiran media otomotif, peluncuran selama setengah jam digelar melalui media digital.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·6 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Setelah hampir tujuh tahun dikenal publik sebagai mobil perkotaan mini hatchback, Toyota New Agya diluncurkan dengan keunggulan desain yang lebih sporty dan fitur lebih canggihdi kelasnya. Lekukan desain depan yang berbentuk garis-garis tegas dan tajam, dengan aksen merah pada bumper, memunculkan sebutan hatchback ”Joker”.
Baru kali inilah PT Toyota Astra Motor (TAM) memutuskan peluncuran New Agya, Kamis (19/3/2020), secara virtual melalui aliran langsung di akun Youtube Toyota Indonesia. Peluncuran ini dilakukan tanpa mengundang kehadiran media cetak dan elektronik demi meminimalkan penyebaran virus korona.
Mengambil lokasi di area kantor TAM di kawasan Sunter, Jakarta Utara, peluncuran New Agya TRD S dengan kapasitas mesin 1.2L sebagai varian tertinggi dilakukan secara resmi oleh Presiden Direktur TAM Susumu Matsuda didampingi Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy dan Kazunori Minamide.
Sedianya, peluncuran New Agya telah dijadwalkan akan digelar di lokasi terbuka di daerah Jakarta Selatan. Namun, Toyota kemudian membatalkan acara peluncuran terbuka tersebut demi mencegah terjadinya penyebaran virus korona.
Dengan sejumlah varian dan trim, New Agya akan dibanderol mulai dari Rp 143,8 juta hingga Rp 169,29 juta (on the road Jabodetabek). Kenaikan harga berkisar Rp 500.000 pada tipe terendah dibandingkan model sebelumnya.
Matsuda mengatakan, peluncuran ini begitu spesial bagi dirinya mengingat inilah peluncuran perdana yang ia lakukan untuk konsumen Indonesia. Terlebih, dilakukan dalam bentuk konferensi pers digital.
”Mengawali peluncuran ini, saya ingin menyampaikan rasa simpatik Toyota terhadap kondisi akhir-akhir ini menyangkut Covid-19 di Indonesia. Kami ingin menyampaikan penghargaan tertinggi untuk tim medis profesional dan pejabat pemerintah dalam memberikan upaya terbaik mengatasi Covid-19,” ujar Matsuda.
Sebagai bentuk mendukung pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19, kata Matsuda, Toyota melakukan konferensi pers Agya melalui platform digital.
Anton mengatakan, ”Akhir-akhir ini, Covid-19 rasanya menjadi topik utama yang menjadi pertanyaan. Pastinya, (peluncuran) Agya ini sudah direncanakan jauh-jauh hari untuk menyesuaikan kebutuhan konsumen di Indonesia. Dan, jujur saja, Covid-19 ini merupakan kejadian luar biasa di dunia, kami juga pasti memonitor situasinya pada saat ini.”
TAM berharap, dampaknya tidak terlalu besar untuk ekonomi, terutama penjualan Toyota. Pada saat ini, kata Anton, TAM masih menggunakan target penjualan awal untuk Agya sebesar 2.200 unit per bulan. Diharapkan, kondisi market dan pencapaian pasar bisa menerima produk New Agya ini.
Tujuh tahun
Kehadiran Agya sudah cukup lama di Indonesia, hampir tujuh tahun. Lewat berbagai kondisi yang dibutuhkan saat itu, Agya merupakan hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu. Untuk model yang sama, Daihatsu mengusung nama produknya yang dikenal dengan nama Ayla.
Wakil Presiden TAM Henry Tanoto mengatakan, ”Toyota Agya merupakan produk penting bagi Toyota. Sejak 2013, Agya menjadi bukti komitmen Toyota untuk senantiasa memberikan lebih banyak pilihan solusi mobilitas kepada pelanggan.”
Menurut Henry, hingga saat ini, Agya mampu menjawab kebutuhan mobilitas konsumen yang mayoritas adalah anak muda modern. Diharapkan, kehadiran New Agya yang tampil makin sporty dan dilengkapi dengan fitur canggih ini dapat makin menguatkan perannya sebagai mobil pertama (entry car) pelanggan di Indonesia.
Saat diperkenalkan pada 2013, Agya menjadi salah satu pionir dalam membuka pasar baru di Indonesia di segmen hatchback untuk kalangan anak muda modern. Segmen ini, sepanjang tahun 2013 hingga Februari 2020 telah membukukan kumulatif penjualan sebesar 841.572 unit. Dari total jumlah tersebut, Agya berkontribusi sebesar 33,1 persen dengan total penjualan 278.465 unit.
Pencapaian baik ini tentunya dapat terwujud, karena sejak awal Agya dirancang dengan DNA yang sesuai kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia akan mobil pertama. Mobil yang memiliki brand image kuat dan dapat memenuhi kebutuhan, serta tren yang berkembang.
Henry mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan konsumen terhadap Agya sehingga turut mengembangkan pasar hatchback di kalangan anak muda. Sebagai bentuk apresiasi dan semangat untuk menghadirkan ever better cars, Toyota menghadirkan berbagai penyegaran pada Agya agar dapat terus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang senantiasa berkembang.
Tampilan sporty dan aggressive New Agya diwujudkan melalui desain eksterior anyar yang didukung oleh kehadiran fitur-fitur terbaru. Perubahan eksterior terlihat dari desain baru bumper dan gril dengan unsur krom dan warna hitam mengilap, lampu utama dengan aksen warna hitam dan teknologi LED, desain velg baru, kaca spion luar yang bisa dilipat, desain baru lampu belakang, dan body moulding baru di sisi varian New Agya 1.2 G.
Sementara pada varian 1.2 TRD S, New Agya dilengkapi dengan spoiler depan TRD S, side skirt TRD S, dan spoiler belakang TRD S berwarna hitam untuk menonjolkan kesan sporty. Selain itu, New Agya tampil dengan berbagai pilihan warna, termasuk penyegaran warga perak dan kuning, dan ada tambahan warna baru yakni oranye metalik.
Pada sisi interior New Agya, sentuhan penyegaran diberikan untuk menghadirkan kenyamanan lebih baik dengan pengaplikasian fitur-fitur canggih, seperti tombol Start/Stop, dan head unit berteknologi layar sentuh pada varian 1.2 TRD S. Tidak hanya itu, interior New Agya varian 1.2 G dan 1.2 TRD S juga dilengkapi dengan desain konsol tengah baru dan tombol AC digital.
Sementara untuk varian 1.0 E dan 1.0 G mendapatkan penyegaran fitur, seperti desain kenop AC baru, head unit 2DIN baru, dan ditambah selimut kursi baru, desain baru door trim, dan desain baru panel instrumen dengan aksen warna merah.
”Pada dasarnya konsep pengembangan New Agya mengikuti perkembangan kebutuhan mobilitas pelanggan Agya yang mayoritas adalah anak muda modern. Seiring dengan berjalannya waktu, terjadi perubahan tren dan kebutuhan pelanggan yang menginginkan Agya lebih sporty dan agresif yang kami hadirkan melalui New Agya,” ujar Anton.
Slalom
Anton juga sempat menyinggung keberadaan Agya pada ajang kejuaraan ketangkasan mobil slalom. Agya menjadi andalan tim dalam setiap kejuaraan.
Tahun 2019, dalam catatan TAM, saat Kejuaraan Nasional Slalom Auto Gymkhana, pebalap Toyota Team Indonesia (TTI), Anjasara Wahyu, yang menggunakan Toyota Agya, meraih peringkat pertama nasional musim 2019 di kelas F dengan 160 poin. Poin ini hanya selisih sedikit dengan rekan satu timnya, Anza, yang di seri terakhir berhasil menjadi pemuncak dan secara total mengemas 146 poin. Kemenangan ini semakin menegaskan kemenangan yang telah diraih selama tiga tahun berturut-turut.
Kelas F yang diikuti oleh Toyota Agya ini memiliki tantangan berbeda. Tidak hanya dibutuhkan skill yang mumpuni, tetapi juga mobil yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk dapat menempuh waktu terbaik di setiap trek yang berbeda. Memang, di kelas multilevel seperti itu, yang bertanding tidak hanya berasal dari kelas A3, tetapi juga dari kelas lain yang memiliki kapasitas mesin lebih besar.