Aroma ”Sporty” Type R Membalut New Civic Hatchback RS
Honda Civic Hatchback dibuat makin sporty dengan sentuhan desain Honda Civic Type R. Sejak diperkenalkan tahun 2017, inilah perubahan minor pertama Honda Civic Hatchback.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·5 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Mengawali tahun 2020, New Honda Civic Hatchback RS mulai menggebrak pasar otomotif Indonesia. Aroma ”sporty” Honda Civic Type R membalut desain New Civic Hatchback RS ini meskipun kapasitas mesin 1.5 liter turbo masih dipertahankan sebagai andalannya.
Tanpa meninggalkan kesan tampilan yang semakin seksi bagi pencinta otomotif, emblem RS menggantikan emblem VTEC Turbo di sisi belakang kanan. Ada juga emblem RS di bagian depan. Ini menjadi penanda tergusurnya tipe E dan S pada Honda Civic Hatchback yang sejak 2017 dipasarkan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.
Peluncuran New Civic Hatchback RS digelar PT Honda Prospect Motor di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta, Kamis (6/2/2020). Perubahan eksterior dengan sentuhan aroma desain Type R, termasuk penerapan salah satu warna khas Type R, yakni brilliant sporty blue metallic, mampu mencuri perhatian pengunjung pusat perbelanjaan.
Bahkan, sejumlah anggota komunitas CVT Turbonesia menyempatkan hadir untuk melihat langsung perubahan eksterior dan interior Civic baru ini. Decak heran dan perbincangan muncul manakala harga New Civic Hatchback RS ini diumumkan sebesar Rp 499 juta (on the road, berdasarkan estimasi BBN 2020 Jakarta dan kepemilikan mobil pertama).
Ini artinya lonjakan harga hampir mencapai Rp 30 juta dibandingkan dengan Civic Hatcback tipe E (tertinggi) tahun 2019.
Yusak Billy, Business Innovation and Sales-Marketing Director HPM, dalam peluncuran tersebut mengatakan, ”Civic menjadi salah satu brand dengan penjualan terlama di Indonesia. Varian sedan dari Honda Civic masih tercatat sebagai model sedan dengan penjualan tertinggi di Indonesia sampai saat ini.”
Sementara, kata Billy, varian hatchback yang diminati di Indonesia terus mempertahankan popularitasnya dan memiliki basis konsumen yang sangat loyal. Sejak diluncurkan tahun 2017, Honda Civic Hatchback disambut antusias dengan konsumen Indonesia. Total penjualan hingga saat ini mencapai 5.232 unit.
Tahun 2017, Honda Civic Type R dengan kapasitas mesin 2.0 liter turbo juga diperkenalkan di Indonesia. Kehadirannya semakin menegaskan Civic sebagai model legendaris yang memiliki karakter sport dan membawa kecanggihan teknologi ke depan.
Desain RS
Secara eksterior, perubahan desain New Civic Hatchback yang disebut redefined sexiness ini memang tampil sedikit berbeda dari generasi sebelumnya. Yang membedakan antara lain penambahan aero kit pada bumper depan, belakang, dan sill garnish pada bagian samping. Side under spoiler tak lagi berwarna hitam dof, tetapi didesain mengilap sehingga lebih memperkuat karakter sporty, tanpa mengurangi ground clearance.
Alloy wheel berukuran 17 inci ditampilkan berbeda dengan warna two-tone. Motif velg pun berbeda dengan warna yang diberi sentuhan smoke sehingga terlihat lebih tegas dan gahar.
Nah, melihat sisi bodi belakang, desain terbaru terdapat pada pemasangan rear bumper diffuser. Dua ujung pipa knalpot diletakkan di bagian tengah, bukan lagi terbagi dua di sisi kiri dan kanan, seperti generasi sebelumnya.
Secara interior, tidak banyak perubahan. Namun, kini tampilan jok secara keseluruhan sudah diubah menjadi lebih sporty dengan penambahan aksen guratan jahitan benang merah, termasuk pada roda kemudi dan tongkat persneling, serta pada konsol tengah. Kulit jok masih menyerupai generasi E sebelumnya.
Pedal gas dan rem juga sudah mengikuti desain yang lebih sporty. Bentuknya sudah diganti mirip lempengan stainlesssteel yang menyesuaikan dengan kaki pengemudi.
Dari teknologi mesin, New Honda Civic Hatchback RS masih mengandalkan keunggulan mesin generasi sebelumnya, yakni mesin 1.5 liter VTEC turbo yang bertenaga dan efisien. Teknologi mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 173 PS. Fitur-fitur keselamatan dan kenyamanan masih dipertahankan dari generasi sebelumnya.
Kebaruan juga bisa dilihat pada perubahan monitor head unit berukuran 7 inci yang sudah berteknologi layar sentuh. Kamera yang termonitor dari head unit juga sudah multi-angle dengan pilihan pandangan normal, lebar atau top view. Kemudian, tidak perlu lagi merasa silau saat pengendara di belakang menyorot lampu utama yang menyilaukan karena tipe RS ini sudah memiliki kaca spion dalam berteknologi auto dimming rear view mirror.
Pilihan warna pun terjadi perubahan. Warna lunar silver metallic dan sonic grey pearl tergantikan dengan warna brilliant sporty blue metallic. Sementara warna white orchid pearl digantikan dengan platinum white pearl. Warna lain yang masih dipertahankan dari generasi sebelumnya adalah rallye red, crystal black pearl, dan modern steel metallic.
Bagi HPM, model RS ini akan memperkuat eksistensi Honda di segmen hatchback di Indonesia. Tahun 2019, segmen hatchback menyumbang sekitar tiga persen dari total penjualan nasional. Di luar itu, segmen hatchback mempunyai konsumen loyal dengan karakter yang khas.
Menurut Billy, konsumen hatchback adalah orang-orang mapan dan bergaya hidup dinamis. Mereka tahu persis segala yang diinginkan terhadap sebuah mobil. Karena itu, meski mereka berani tampil berbeda sesuai dengan karakternya, mereka juga selektif untuk hanya memilih brand otomotif tepercaya.
Kontributor utama Honda di segmen hatchback adalah Honda Jazz yang menjadi market leader dengan pangsa pasar 40 persen, sedangkan Civic Hatchback sekitar 5 persen atau terjual sebanyak 1.579 unit pada 2019. Jika kedua model ini disatukan, Honda tercatat menguasai pasar hatchback sebesar 45 persen.
Eksistensi di segmen hatchback memang tidak bisa lepas dari popularitas Honda Jazz, terutama varian Honda Jazz tipe RS yang menyumbang sebesar 97 persen dari semua penjualan Honda Jazz. Karakter sporty dan stylish pada varian RS mampu memenuhi ekspektasi konsumen Honda Jazz.
”New Civic Hatchback RS mewakili heritage dari keluarga Civic dipadukan dengan karakter varian RS yang merupakan Global Sporty Icon dari Honda. Model ini menghasilkan sebuah model yang semakin seksi, canggih, dan sporty sesuai dengan tagline ’Sexiness Intensified’,” ujar Billy.
Tak heran, HPM menargetkan penjualan New Honda Civic Hatchback tahun 2020 sekitar 1.800 unit. Tahun sebelumnya, penjualan Civic Hatchback mencapai 1.579 unit.