Sejumlah APM Ramai-ramai Berikan Layanan Khusus Korban Banjir
JAKARTA, KOMPAS – Saat kerusakan mobil akibat banjir tak dapat diklaim ke pihak asuransi, pemilik mobil tak perlu merasa risau. Sebagian pemain utama di industri otomotif Tanah Air langsung beramai-ramai memberikan layanan terbaik pasca banjir yang melanda wilayah Jabodetabek, mulai dari layanan towing atau derek kendaraan dari lokasi banjir hingga paket-paket jasa maupun potongan harga penggantian suku cadang.
Bahkan, General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja dalam perbincangan dengan Kompas di Jakarta, Senin (6/1/2020), memberikan layanan premium khusus bagi pelanggan Lexus.
“Policy kami tentunya ditujukan bagi customer kami yang berada dalam kesulitan. Waktu banjir kayak begini, kadang uang bukan segalanya lagi. Biarpun punya uang, (menembus) akses yang sulit justru lebih dibutuhkan,” kata Adrian.
Oleh sebab itu, lanjut Adrian, kepedulian Lexus bukan hanya pada mobilnya, tetapi lebih diprioritaskan pada pemilik dan keluarganya. Untuk itu, Lexus menyediakan layanan evakuasi bagi customer ke hotel maupun airport yang diinginkan dengan menggunakan kendaraan Lexus Concierge Service.
Adrian mencontohkan, ketika banjir beberapa tahun lalu, pihaknya tak segan-segan mengirimkan makanan, seperti pizza, maupun minuman untuk keluarga pemilik Lexus yang terjebak banjir.
“Sebenarnya, yang kita pikirkan secara tulus adalah kehadiran. Lexus hadir di saat mereka mengalami masa-masa sulit. Dan semua servis ini free of charge. Ini lah saatnya kita berlomba-loma menginspirasi kebaikan. Saya mengajak seluruh APM untuk melakukan hal yang sama, supaya budaya bisnis otomotif di Indonesia dapat menginspirasi dunia. Sebab, budaya bangsa kita dilandasi ketulusan dan semangat gotong-royong,” ujar Adrian.
Nuansa kebaikan
Nuansa kebaikan di tengah situasi tanggap darurat itu secara nyata ditunjukkan oleh sejumlah agen pemegang merek (APM) otomotif di Indonesia. Setelah BMW Astra mengawali layanan tanggap darurat berupa kemudahan perbaikan kendaraan dengan potongan harga khusus, APM lainnya begitu sigap menunjukkan layanan terbaiknya.
Auto 2000, sebagai salah satu dealer resmi kendaraan Toyota, langsung membuat program penanganan kendaraan akibat banjir 2020. Dalam surat edaran yang ditandatangani Kepala Divisi Senior Auto 2000 Ricky Martawijaya, seluruh kepala cabang Auto 2000 diberikan petunjuk pelaksanaan secara jelas jasa pekerjaan yang ditangani khusus bagi pelanggan Auto 2000 yang mobilnya menjadi korban banjir.
Pelayanan jasa yang diberikan sesuai dengan tingkat kondisi kendaraan. Mulai dari pekerjaan bersifat ringan (Light)yakni kendaraan terendam air sampai menyentuh karpet dasar; menengah (Medium), yakni kendaraan terendam air sampai menyentuh sandaran jok; hingga pekerjaan berat (Heavy), yakni saat mobil terendam air sampai menyentuh plafon.
Bahkan, untuk kendaraan terdampak banjir yang tidak dilindungi asuransi, Auto 2000 memberikan potongan ongkos jasa 30 persen dan suku cadang 10 persen. Ini berlaku hingga 3 Februari 2020.
PT Honda Prospect Motor (HPM), selaku APM mobil bermerek Honda di Indonesia, juga mengeluarkan paket-paket harga khusus perbaikan mobil korban banjir yang berbeda sesuai ukuran mobil dan tingkat kerusakannya. Untuk Honda Brio dipatok harga Rp 2,4 juta-Rp 3,6 juta per mobil. Model Civic, Jazz, Freed, City, dan CR-V dipatok harga Rp 3,6 juta-Rp 4,8 juta per mobil, sedangkan model Accord dan Odyssey mencapai Rp 4,6 juta-Rp 5,8 juta per mobil. Namun, paket itu belum termasuk oli, freon AC, dan suku cadang lainnya.
Peduli banjir
Sementara, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hadir dengan program “Suzuki Peduli Banjir” untuk para pelanggan setia Suzuki yang mobilnya terkena musibah ini. Seluruh layanan tersebut dapat diakses melalui Layanan Halo Suzuki di nomor telepon bebas pulsa 0800-1100-800).
Layanan khusus yang diberikan meliputi layanan panduan teknisi, layanan kunjungan teknisi, home service (untuk konsumen yang membutuhkan servis di rumah), layanan towing atau derek gratis (untuk kendaraan terdampak banjir di wilayah Jabodetabek guna dibawa ke bengkel resmi Suzuki terdekat), dan gratis pemeriksaan 23 item (Free Check-Up Campaign) untuk setiap kendaraan yang masuk ke bengkel resmi Suzuki.
“Melalui program Suzuki Peduli Banjir, kami berharap musibah banjir ini segera teratasi, khususnya untuk konsumen Suzuki yang kendaraannya terkena dampak banjir. Kami siap untuk memberikan pelayanan terbaik, termasuk dengan towing gratis dan servis di rumah,” jelas Riecky Patrayudha, Head of Service PT SIS.
Suzuki berusaha menyediakan layanan servis dan suku cadang yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di bengkel resmi di Jabodetabek yang berjumlah 56 outlet. Riecky mengingatkan, pelayanan khusus towing gratis berlaku hingga 15 Januari 2020.
Secara terpisah, sebagai respons atas bencana banjir tersebut, PT Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia (MMKSI) melalui siaran persnya menunjukkan kepedulian dengan menyediakan layanan 24 Hours Emergency Services (HES) Mitsubishi Motors bagi konsumen yang kendaraannya terdampak banjir.
Aditya Wardani, Head of PR & CSR PT MMKSI mengatakan, “Konsumen Mitsubishi dapat memanfaatkan layanan emergency secara gratis saat banjir seperti free towing ke dealer Mitsubishi terdekat dengan maksimal jarak 50 km dari tempat tinggal untuk kendaraan keluaran tahun 2017 ke atas, serta pertolongan pertama berupa jumper aki atau penggantian aki sementara.”
Konsumen hanya perlu menghubungi call center Mitsubishi di nomor bebas pulsa 0804-1-300-300 yang tersedia 24 jam. Selain itu, 24 HES Mitsubishi Motors juga dapat dimanfaatkan oleh konsumen saat ban pecah, kunci tertinggal di dalam mobil, dan bantuan BBM 5 liter saat mobil mogok. Layanan ini bisa dimaksimalkan secara gratis oleh konsumen Mitsubishi dengan syarat usia kendaraan belum mencapai 3 tahun dari tanggal penyerahan kendaraan.
Terendamnya mobil karena banjir dapat mengakibatkan kerusakan pada beberapa komponen terutama yang berkaitan dengan elektrifikasi. Sebagai langkah awal dalam kondisi mobil terendam banjir, sebaiknya konsumen tidak langsung menyalakan mesin, melainkan langsung memutuskan kelistrikan mobil dengan cara melepas aki, kemudian memeriksa kondisi oli mesin dan segera memindahkan mobil dengan cara didorong.
PT Isuzu Astra Motor Indonesia juga memberikan bantuan bagi para korban banjir dengan diskon tarif jasa sebesar 20 persen, diskon material 10 persen, diskon suku cadang 5 persen, dan potongan harga jasa perbaikan bodi kendaraan sebesar 35 persen. Periode program itu berlaku 4-11 Januari 2020 untuk seluruh tipe kendaraan niaga dan penumpang bermerek Isuzu.