Tersebar, 316 Titik Layanan Toyota Selama Arus Mudik
Toyota mulai mengampanyekan pelayanan arus mudik dan balik. Tepat sepekan sebelum Lebaran yang jatuh pada 5-6 Juni 2019, pelanggan Toyota diberikan Program Toyota Holiday Campaign 2019.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·5 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Musim mudik menyambut Idul Fitri yang hampir bersamaan dengan masa liburan sekolah mulai terlihat, Rabu (29/5/2019). Tak hanya mudik bareng yang digelar swasta, mudik bareng pun mulai dilakukan sejumlah instansi pemerintah.
Pembangunan infrastruktur Jalan Tol Trans-Jawa yang sudah beroperasi di Jawa dan sebagian Tol Trans-Sumatera di Sumatera mendorong pemudik menggunakan kendaraan roda empat. Sejumlah agen pemegang merek (APM) kendaraan roda empat pun berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik, seperti terlihat di sejumlah rest area tol ataupun jalan arteri.
Salah satu APM yang mulai mengampanyekan pelayanan arus mudik dan balik adalah Toyota. Tepat sepekan sebelum Lebaran yang jatuh pada 5-6 Juni 2019, pelanggan Toyota diberikan Program Toyota Holiday Campaign (THC) 2019.
”Kami ingin menunjukkan secara nyata komitmen Beyond Service yang telah dicanangkan Toyota kepada pelanggan Toyota. Tujuannya, ya, untuk memberikan rasa aman, nyaman, pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam perjalanan mudik Lebaran,” ujar Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy dalam pencanangan THC 2019 di Rest Area Km 57 Tol Cikampek, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (28/5/2019).
Pencanangan THC 2019 dihadiri pula oleh Executive GM TAM Fransiscus Soerjopranoto. Sejumlah perwakilan anggota komunitas Toyota Owner Club (TOC) pun hadir. Mereka adalah para pengguna, antara lain, Calya, Avanza/Veloz, Sienta, Rush, dan Innova.
Menurut Anton, musim mudik Lebaran kali ini, Toyota bersama jaringan dealer resmi Toyota hadir dengan total 316 titik pelayanan mudik, baik berupa posko siaga 24 jam di sejumlah jalur mudik di Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi maupun jaringan bengkel siaga yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. Pada musim mudik tahun lalu, jumlahnya baru 307 titik pelayanan.
Sebanyak 316 titik pelayanan mudik itu terdiri dari 21 posko siaga di sepanjang jalur mudik di Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi; 11 bengkel siaga yang beroperasi selama 24 jam; 44 bengkel tetap buka saat libur Lebaran (tetapi tidak 24 jam); serta 240 bengkel lainnya yang tetap buka seperti jam operasional biasanya.
Titik pelayanan ini akan berlangsung mulai dari 29 Mei hingga 11 Juni 2019. Khusus posko siaga Toyota, 18 posko akan beroperasi di sepanjang jalur/arus mudik yang beroperasi pada 29 Mei-9 Juni 2019.
Sementara itu, sisanya 3 posko lain akan berlokasi di jalur/arus balik pada 2-11 Juni 2019. Ketiga posko siaga Toyota yang berlokasi di arus balik itu ada di Tol Cikampek Rest Area Km 62 Cikampek, Tol Palikanci Rest Area Km 208 B Cirebon, dan Tol Jatingaleh-Krapyak Rest Area Km 5 Jatingaleh, Semarang, Jawa Tengah.
”Ini semua merupakan salah satu wujud komitmen kami dalam memberikan layanan purnajual terbaik dan apresiasi atas kepercayaan dan kesetiaan pelanggan selama ini,” kata Anton.
Melalui program Titik Pelayanan Mudik, Toyota berharap pelanggan dapat melakukan perjalanan mudik dengan kondisi kendaraan prima dan bebas kekhawatiran karena kehadiran posko siaga dan bengkel siaga Toyota.
Ketua Harian Innova Community Fransisca FA mengatakan, kebetulan saja sebagian anggota IC sudah melakukan perjalanan mudik bersama keluarga karena sebagian anak-anak mereka sudah mulai memasuki masa liburan sekolah. Tentunya, dibukanya beberapa jalur tol baru di lintas Sumatera dan Jawa oleh pemerintah akan sangat membantu kelancaran mudik tahun ini dengan menggunakan mobil.
Tahun ini, IC kembali berpartisipasi dalam THC 2019 yang diadakan di Rest Area Km 57 Tol Cikampek. Komunitas yang tergabung dalam Toyota Owner Club bersama APM Toyota ini mengimbau mudik aman berkendara.
”Kami selaku komunitas tentu sangat peduli dengan keselamatan berkendara. Sebelum mudik berlangsung, kami memberikan pembekalan safety driving atau keselamatan berkendara kepada seluruh anggota IC, baik melalui kampanye maupun spesial workshop yang diadakan bersama pemerintah dan swasta,” tutur Fransisca.
Harapannya, lanjutnya, seluruh anggotanya dapat memberikan contoh yang baik, khususnya kepada komunitas otomotif lain dan masyarakat. Banyak aspek yang perlu diperhatikan pengemudi dan penumpang dalam perjalanan arus mudik ataupun balik. Salah satu yang terpenting adalah menjaga stamina kesehatan fisik dan mengecek kondisi kendaraan yang akan digunakan.
Fasilitas
Di posko siaga Toyota, pelanggan dapat menikmati fasilitas, antara lain, servis ringan pada kendaraan ataupun beristirahat sejenak saat di perjalanan. Pelanggan yang melakukan servis akan mendapat diskon jasa hingga 25 persen.
Selain itu, dari pengamatan Kompas, tersedia fasilitas tempat beristirahat, makanan dan minuman ringan gratis, ruangan ber-AC, game station, tayangan TV satelit, pijat, akses internet, dan kids corner.
Toyota juga mempunyai program-program menarik lain, seperti melibatkan komunitas pengguna Toyota bertajuk ”Mudik With Community”, rangkaian aktivitas menarik seperti Instagram Contest Mudik Toyota.
Tidak hanya melibatkan komunitas pengguna Toyota, program-program Toyota terkait mudik juga selalu didukung oleh media. Harmonisasi antara Toyota, komunitas pengguna Toyota, media, dan publik ini diharapkan menjadi wadah untuk saling mendorong sosialisasi pentingnya keselamatan berkendara.
Guna memudahkan pemudik, juga ada aplikasi ”Toyota Teman Mudik” yang dapat diunduh bagi pengguna Android dan IOS, yang berisi berbagai informasi live traffic report dari Twitter NTMCPolri, peta mudik digital, lokasi posko mudik/bengkel siaga 24 jam Toyota, games seru, tips kendaraan, mudik Lebaran, dan tips emergency, doa-doa yang dilengkapi dengan gambar dan suara, serta jadwal Imsakiyah Ramadhan.
Dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri, Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) turut hadir membantu memberikan informasi seputar posko dan bengkel siaga demi kenyamanan pelanggan dalam berkendara selama mudik Lebaran yang dapat diakses melalui LINE, Facebook Messenger, dan Whatsapp Messenger.