All New Evoque dan Jaguar I-Pace Jadi Andalan JLR di 2019
Oleh
Dahono Fitrianto
·3 menit baca
Tiga merek asal Inggris, Jaguar, Land Rover, dan Bentley, siap menggempur pasar mobil premium di Tanah Air pada tahun ini dengan jagoan-jagoan terbarunya. Di antara yang akan dihadirkan tahun ini adalah All New Range Rover Evoque, Bentley Continental GT Cabriolet, dan mobil elektrik penuh pertama di segmen premium, Jaguar I-Pace.
Hal itu terungkap dalam makan siang bersama media yang digelar PT Wahana Auto Ekamarga selaku agen pemegang merek dan distributor merek Jaguar Land Rover dan Bentley di Indonesia, Selasa (12/02/2019).
”Di tengah stagnasi pasar di Indonesia, kami mencatat kinerja yang cukup memuaskan pada 2018 lalu. Bahkan, bagi Bentley, ini adalah kinerja terbaik dalam lima tahun terakhir berkat peluncuran Bentley Continental GT terbaru,” ungkap Chief Operating Officer PT Wahana Auto Ekamarga Roland Staehler membuka sambutannya.
Selain Bentley, pertumbuhan juga dicatatkan oleh Jaguar Land Rover, yang menurut Staehler penjualannya naik sekitar 15 persen dibandingkan tahun 2017. ”Tahun 2018 adalah tahun yang baik bagi Jaguar Land Rover, terutama dengan hadirnya Range Rover Velar yang penjualannya terus berekspansi tanpa menganibal penjualan model (Range Rover) lainnya. Pertumbuhan penjualan juga didorong versi facelift dari Range Rover dan Range Rover Sport,” papar Staehler.
Brand Director Jaguar Land Rover (JLR) Indonesia Jentri Izhar menambahkan, penjualan Range Rover Velar menyumbang hingga 40 persen dari total penjualan JLR. ”Ini proporsi terbesar penjualan Velar dibandingkan di negara-negara lain,” ujar Jentri.
Strategi 2019
Terkait rencana di 2019 ini, Jentri mengatakan, pihaknya akan meluncurkan Land Rover Discovery dengan mesin 2.0 liter dan sebagai bintangnya adalah peluncuran All New Range Rover Evoque. Seperti diketahui, Range Rover Evoque cukup diminati konsumen Indonesia, terbukti dengan sering dijumpainya Range Rover berukuran terkecil ini di jalanan.
”Dengan Discovery 2.0, kami ingin menunjukkan bahwa dengan mesin lebih kecil dan efisien pun, performa Discovery tetap bisa diandalkan. Tentu saja dengan mesin lebih kecil, harganya bisa lebih bersaing,” katanya. Sebelumnya, JLR sudah lebih dulu meluncurkan Land Rover Discovery dengan mesin V6 3.0 liter dan sudah pernah diuji ketangguhannya oleh Kompas.
Dari sisi Jaguar, JLR bertekad meluncurkan mobil listrik pertamanya, yakni Jaguar I-Pace. I-Pace juga menjadi mobil elektrik penuh (full electric vehicle) di kelas mobil premium Eropa. ”Kami tengah mempelajari betul agar I-Pace bisa masuk ke Indonesia. Tentu saja ini berkait erat dengan kebijakan pemerintah terkait mobil listrik agar mobil ini nantinya harganya terjangkau konsumen,” ujar Jentri.
Jika tak ada aral melintang, Jaguar I-Pace ini juga akan ditampilkan di ajang Borobudur Marathon 2019. Seperti diketahui, Jaguar menjadi mitra otomotif dari ajang maraton internasional bergengsi tersebut sejak 2018 dan akan berlanjut hingga tahun ini.
Edisi 100 tahun
Di segmen mobil ultra-premium yang dihuni Bentley, Brand Director Bentley Indonesia Dhani Yahya mengatakan, akan ada beberapa produk baru untuk menyusul kesuksesan All New Continental GT dan Bentley Bentayga V8 pada tahun lalu.
”Akan ada sejumlah produk baru yang akan diluncurkan tahun ini, terutama terkait peringatan 100 tahun Bentley. Akan ada mobil-mobil dengan Centenary Specification, lalu akan ada Bentley Continental GT Convertible, dan ada model terbatas limited edition Bentley Mulsanne dan Bentley Continental GT yang masing-masing hanya akan diproduksi 100 unit di seluruh dunia,” kata Dhani.
Mendekati kuartal keempat atau peralihan dari 2019 ke 2020, Bentley juga menyiapkan peluncuran Bentley Bentayga Hybrid 3.0 liter dan model baru dari sedan luks ukuran medium, Bentley Flying Spur.
Pasar mobil premium akan makin ramai. Konsumen yang berkocek cukup dalam pun akan makin dimanjakan.