JAKARTA, KOMPAS — Sektor hiburan seperti konser musik, pertandingan olahraga, dan menonton film perlu didukung oleh perkembangan teknologi. Hal itu perlu dilakukan agar masyarakat, khususnya generasi milenial, mengetahui perkembangan terbaru acara hiburan saat ini.
”Acara-acara yang potensial cenderung tertutup dengan ratusan acara yang bermunculan setiap hari. Jika tidak didukung oleh platform dan kanal distribusi yang baik, sulit bagi masyarakat untuk mendapatkan update mengenai acara terkini,” kata Vice President Marketing LOKET Ario Adimas dalam peluncuran Go-Tix versi situs web, Kamis (27/9/2018) di Jakarta.
Berdasarkan data dari Edelman Trust Barometer 2018, sebanyak 71 persen masyarakat Indonesia percaya pada internet dan platform media sosial sebagai sumber informasi. ”Namun, platform yang menyediakan informasi tentang acara-acara hiburan di Indonesia masih jarang,” ucap Adimas.
Oleh sebab itu, penyedia layanan pertiketan dan informasi untuk hiburan Go-Tix meluncurkan versi situs web guna menyasar pasar tersebut. Go-Tix merupakan salah satu lini bisnis yang dikelola LOKET setelah diakuisisi oleh Go-Jek pada 2017. Layanan ini menyediakan berbagai tiket menonton layar lebar, musik, dan olahraga lewat pemesanan digital.
Go-Tix juga tersedia dalam aplikasi layanan transportasi Go-Jek. Keterbatasan fitur membuat Go-Tix beradaptasi dalam bentuk situs web. Langkah itu dilakukan untuk memperluas pasar lewat kemudahan mengakses hiburan dengan teknologi.
Sampai saat ini, Go-Tix berhasil menjual 2,5 juta tiket sejak diluncurkan pada 2016. Adapun pertumbuhan itu meningkat 502 persen pada 2017 dan tumbuh 51 persen dari 2017 hingga kini (year to date).
Generasi Milenial
Generasi milenial cenderung tertarik pada promo-promo hiburan. Hal itu menjadi dasar penyedia layanan pertiketan dan informasi beragam untuk berinovasi menyasar generasi tersebut.
”Ketika mereka (generasi milenial) membeli tiket nonton atau acara, hal utama yang mereka cari adalah diskon harga, poin loyalitas, dan sebagainya,” kata Vice President Consumer Solutions LOKET Rama Adrian.
Go-Tix berupaya memberikan promo seperti buy one get one, nonton hemat, potongan harga, dan Go-Points yang nantinya ditukarkan menjadi hadiah. Rama optimistis hal itu mampu menarik minat masyarakat untuk menggunakan layanan tersebut.
Lewat versi situ web itu, Go-Tix memberikan beragam kelebihan, seperti pilihan pembayaran melalui Go-Pay, transfer ATM, mobile dan internet banking, serta kartu kredit. Untuk pemesanan tiket bioskop, pengguna dapat melihat ketersediaan kursi sebelum melakukan pengisian saldo. (DIONISIO DAMARA)