Kreativitas tak kenal batas. Keterbatasan model bukan menjadi penghalang untuk mengubah penampilan. Sesungguhnya, model-model otomotif yang dimiliki PT Suzuki Indomobil Sales tidaklah baru, tetapi pendekatan “modifikasi” original dipilih untuk melahirkan kembali sebuah penyegaran baru.
Hampir usai Gaikindo Indonesia International Auto Show ke-26, ICE BSD City, Tangerang, Banten, 2-12 Agustus 2018, Suzuki menjadi salah satu booth yang marak disinggahi. Pemantiknya adalah Suzuki Jimny, penggairah pasar otomotif yang kangen bernostalgia dengan model yang tangguh.
Tak kurang dari fokus dan komitmen Suzuki yang menghadirkan nuansa sporty, pendekatan modifikasi atau dress up dari versi original menjadi sebuah keberanian dan kreativitas yang dimiliki Suzuki.
Model city car yang dikenal mungil, Suzuki Ignis, sebetulnya beberapa bulan lalu sudah mengalami dress up dengan lahirnya tipe Sport Edition (SE). Emblem Sport disematkan pada beberapa sisinya. Konsep yang menggugah peminat otomotif, walaupun secara teknologi mesin tidak mengalami perubahan sama sekali.
Begitu pula, model multipurpose vehicle (MPV) yang menjadi tulang punggung penjualan Suzuki, All New Suzuki Ertiga. Di GIIAS, Suzuki melakukan sentuhan sporty pada mobil keluarga ini.
Model lainnya adalah Suzuki Baleno Hatchback, yang juga mendapat beberapa sentuhan "kosmetik" di eksterior dan interior untuk mencitrakan kesan sporty.
Di balik itu semua, Suzuki meyakini langkah inovatif dan kreatif ini menjadikan pecinta otomotif membanjiri ruang pamernya. Secara teknologi mesin, tidak ada yang diubah. Kinerja mesin dipertahankan dengan tetap memerhatikan tingkat efisiensi dan tetap mengutamakan fun to drive.
Adrenalin balap sesungguhnya sudah ada sejak tahun 1986 dengan kemunculan Tim Balap Suzuki Sport. Tahun 2005-2010, ada Partisipasi Swift Super 1600 di Junior World Rally Champion. Kemudian, ada pula partisipasi SX-4 WRC dalam World Rally Championship (WRC) tahun 2007-2008.
Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Seiji Itayama mengatakan, “Suzuki Sport merupakan konsep yang kami perkenalkan melalui nuansa sporty baik dari sisi eksterior maupun interior kendaraan-kendaraan Suzuki. Pengembangan Suzuki Sport dilakukan untuk memenuhi keinginan konsumen berjiwa muda dan agresif yang terus-menerus mencari tantangan baru, serta menginginkan kendaraan sporty, stylish dan eksklusif dalam aktivitas sehari-hari.”
Selama GIIAS 2018 berlangsung, Suzuki benar-benar menginterpretasikan nuansa sporty tersebut dengan menghadirkan sederet kendaraan yang memiliki tampilan ekspresif, penuh gaya, serta mencerminkan kebebasan yang menghadirkan gaya eksklusif sesuai kepribadian pemiliknya saat berada di jalanan. Selain itu, dari segi brand, Suzuki Sport akan terus dikembangkan baik dalam bentuk varian mobil special edition, accessories part maupun apparel.
Untuk All New Ertiga yang baru diluncurkan pada April 2018 lalu, ada empat aksesori Suzuki Sport yang memperkuat tampilannya agar lebih ekspresif namun tetap dapat mengakomodasi kegiatan sehari-hari pemiliknya, seperti spoiler belakang atas (rear upper spoiler), plat bumper belakang (rear bumper scuff plate) serta door visor dan door sill guard untuk mempertegas nuansa eksklusifnya.
Khusus untuk Ignis Suzuki Sport, Suzuki menyiapkan tiga aksesori khusus untuk memaksimalkan tampilannya. Untuk bagian eksterior, konsep Suzuki Sport dalam Ignis akan dilengkapi dengan aksesori body kit yang akan memperkuat tampilan sporty baik dari sisi depan, samping, maupun belakang. Selain itu, ada rear upper spoiler untuk membuat tampilan Ignis Suzuki Sport lebih menarik, dan Daytime Running Light (DRL) yang bukan hanya memperkuat kesan sporty saja tapi juga meningkatkan sisi keamanan pengemudi baik siang ataupun malam hari.
Di GIIAS tahun ini, untuk mendukung peluncuran Suzuki Sport, Suzuki terkesan kuat menghadirkan booth yang gagah dan energik dengan tema “Urban Sporty Gear” di Hall 8B. Beragam lini Suzuki Sport hadir untuk memperkuat kesan sporty seperti All New Ertiga Suzuki Sport dan Ignis Suzuki Sport.
“Ke depannya Suzuki Sport akan terus dikembangkan dalam produk-produk Suzuki lainnya. Kami mengharap bisa menunjang kebutuhan dan gaya hidup konsumen,” kata Itayama.