SUV Urban yang Tak Takut Bertualang
Sejak awal kelahirannya, Lexus NX pada dasarnya didesain sebagai sebuah SUV (sport utility vehicle) urban alias menyasar para pemakai di wilayah perkotaan. Lebih spesifik lagi, para penghuni kota yang berjiwa muda.
Nobuyuki Tomatsu, Project Manager Lexus Design Division Lexus International, mengungkapkan, misi awal NX adalah untuk menarik generasi baru pengguna Lexus yang memiliki youthful senses alias berjiwa muda.
”Saya mendesain kendaraan bagi orang-orang yang hingga saat ini belum terlalu tertarik terhadap Lexus agar menjadi fans berat Lexus,” ungkap Tomatsu dalam video tentang pengembangan desain Lexus NX yang diunggah Lexus International, 19 April 2014.
Menurut dia, konsep NX adalah Premium Urban Sports Gear. Dari sisi desain, SUV terkecil di jajaran Lexus (sebelum kehadiran Lexus UX tahun ini) tersebut bertujuan menonjolkan karakter kelincahan mobil sport walau berbentuk SUV, yang memenuhi kebutuhan penggunaan di perkotaan.
Itu menjelaskan mengapa Lexus tak melengkapi NX dengan bagasi berkapasitas besar. Buat pengguna urban kelas premium, bagasi mobil sudah cukup apabila bisa memuat tas ransel atau tas laptop, tas golf, atau barang-barang belanjaan secukupnya dari mal.
Itu menjelaskan mengapa Lexus tak melengkapi NX dengan bagasi berkapasitas besar.
Walau demikian, karakter utama sebuah SUV atau crossover SUV adalah dayaguna alias utilitasnya. Itulah makna huruf U di SUV. Dalam artian, mobil ini memiliki daya guna lebih dibandingkan mobil sedan atau city car.
Salah satunya dengan ground clearance tinggi, tenaga mesin mumpuni, dan ruang kabin lega yang membuat mobil tak takut diajak sedikit menyimpang dari jalanan aspal metropolitan untuk sebuah sensasi petualangan.
Bahkan, dalam video promosi Lexus NX versi Eropa yang ditayangkan di Frankfurt Motor Show 2017, ditunjukkan bagaimana NX ini digunakan sepasang kekasih dari sebuah lanskap metropolis untuk berjalan-jalan ke luar kota menuju pantai guna berselancar.
Kemampuan ”ekstra urban” ini terbukti sepenuhnya saat Kompas mengajaknya melintas jalur alternatif mudik sejauh lebih dari 2.000 kilometer di empat provinsi di Jawa.
Kelas ”horse power”
Mobil yang digunakan adalah Lexus NX 300, satu-satunya varian NX yang saat ini dipasarkan Lexus Indonesia. Ini adalah generasi terbaru Lexus yang menandai perubahan penamaan varian-variannya sejak 2017.
Sebelumnya, mobil ini bernama Lexus NX 200t, yang menunjukkan kapasitas mesin 2.000 cc yang dilengkapi turbo. Nama 200t waktu itu juga dipakai oleh model-model di atasnya, yakni RX dan GS, yang mengusung mesin yang sama.
”Sejak 2017, semua varian 200t berubah nama menjadi 300. Jadi, NX 200t pun menjadi NX 300 yang menunjukkan besaran kelas horse power (HP) yang dihasilkan mesinnya. Supaya masyarakat tidak bingung karena yang berlaku umum di market seperti itu,” ungkap Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia, Minggu (1/7/2018).
Yang dimaksud Adrian adalah tenaga yang dikucurkan mesin 2.000 cc berturbo ini setara dengan tenaga yang dihasilkan mesin berkapasitas 3.000 cc tanpa turbo (naturally aspirated/NA) yang digunakan pada generasi Lexus sebelumnya.
Sebagai perbandingan, tenaga maksimum dari mesin 8AR-FTS (4 silinder, 2.000 cc turbo) pada NX 300 ini adalah 235 HP dengan torsi puncak 350 Newton meter (Nm). Sementara tenaga maksimum mesin 2GR-FE (6 silinder, 3.500 cc NA) yang terpasang pada Lexus RX 350 generasi ketiga (2008-2015) adalah 270 HP dan torsi puncak 340 Nm.
Berbagai perubahan
Jadi. perubahan nama ini tidak menunjukkan perubahan mesin pada NX. Walau demikian, sebagai lazimnya pembaharuan tengah waktu (mid life cycle), ada berbagai perubahan pada NX 300 ini dibandingkan NX 200t.
Salah satu yang langsung terlihat adalah lampu depannya. Pada NX 200t, lampu utamanya masih berupa tiga lampu LED berjejer horizontal. Sementara pada NX 300, lampu-lampu LED ini bertumpuk membentuk segitiga, mirip dengan lampu mobil sport Lexus LC 500.
Lampu sein depan belakang pada NX 300 ini juga sudah mengadopsi fitur sekuensial, artinya ada gerak nyala lampu ke arah belok mobil. Desain velg R18-nya dan bibir bawah gril serta bumper depan juga mengalami perubahan.
Di bagian belakang, NX 300 sudah dilengkapi fitur automatic kick door, yakni fitur pembuka-tutup pintu bagasi otomatis hanya dengan menendangkan kaki ke bagian bawah bumper belakang. Di bagian bagasi juga ada tuas elektronik untuk melipat bangku belakang secara elektrik.
Serangkaian dengan fitur tersebut, sandaran bangku belakang kini bisa diatur kemiringannya secara elektronik. Pada NX 200t, pengaturan reclining seat di bangku belakang masih manual.
Di kabin depan, perubahan paling mencolok adalah layar monitor electro multivision (EMV) berukuran ekstra lebar, yakni 10,3 inci, di bagian tengah atas dasbor. Tampilan layar ini lebih tajam dan lebih mutakhir dibandingkan dengan NX 200t.
Selain itu, NX 300 juga sudah dilengkapi fitur pengecas gawai nirkabel (wireless charger) di dalam konsol tengah. Fitur ini bisa digunakan di telepon-telepon pintar macam Samsung Galaxy S6 ke atas dan iPhone 8 ke atas.
Desain tombol-tombol pengatur climate control di bagian tengah dasbor yang menonjol juga diperbarui sehingga terlihat lebih elegan dan lebih ergonomis untuk dijangkau pengemudi ataupun penumpang depan.
Satu ciri khas Lexus dipertahankan di bagian dasbor ini adalah sebuah jam analog yang berlatar hitam saat siang hari. Jam analog ini akan berubah menjadi putih terang saat lampu-lampu kendaraan aktif.