Rekap Final IIMS 2018, Nilai Transaksi Total Rp 4,923 Triliun
Oleh
Dahono Fitrianto
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Dua pekan setelah pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 ditutup, perhitungan transaksi total yang terjadi selama 11 hari pameran akhirnya tuntas. Hasilnya ternyata jauh di atas target yang ditetapkan penyelenggara.
Dengan angka final ini, berarti terjadi kenaikan lebih dari 53 persen dibandingkan nilai transaksi pada IIMS 2017. Tahun lalu, pameran itu mencatatkan total nilai transaksi Rp 3,2 triliun.
”Pencapaian ini sungguh di luar dugaan kami. Target yang semula Rp 3,3 triliun bisa dilampaui dengan pencapaian sangat spektakuler. Hal ini bukan hanya menandakan bahwa IIMS semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia, melainkan menjadi salah satu indikator bahwa perekonomian negara kita sangat baik,” ujar Hendra Noor Saleh, Direktur Dyandra Promosindo.
Nilai transaksi sebesar itu sebagian disumbangkan oleh angka penjualan mobil, yang tercatat berdasarkan jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK). Data terakhir menyebutkan bahwa total SPK sepanjang IIMS 2018 adalah 14.840 unit mobil dan 1.223 unit sepeda motor. Dibandingkan tahun lalu, terjadi peningkatan penjualan mobil sebesar 3.496 unit dan 380 unit untuk sepeda motor.
Menurut Hendra, pemilihan lokasi dan tanggal pameran turut berkontribusi besar dalam mencatatkan angka transaksi ini. ”Kemayoran terbukti menjadi lokasi ideal dalam menyelenggarakan IIMS karena sangat mudah dijangkau oleh masyarakat. Tanggal penyelenggaraan yang bertepatan dengan menjelang bulan Ramadhan menjadi berkah tersendiri bagi kami karena pada momen ini banyak masyarakat yang membutuhkan kendaraan baru untuk mudik,” ujar Hendra.
Daya tarik
Salah satu agen pemegang merek mobil yang meraih hasil positif dalam IIMS 2018 adalah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), yang menjadi APM merek Suzuki di Indonesia. Dalam surat elektronik tanggal 3 Mei, PT SIS menyebutkan berhasil membukukan angka pesanan untuk kategori roda empat sebanyak 1.411 unit selama IIMS 2018.
Dengan perolehan angka ini, Suzuki melampaui target penjualan di ajang IIMS dua tahun berturut-turut berkat peluncuran global All New Suzuki Ertiga yang berhasil mendongkrak angka pesanan penjualan Suzuki secara menyeluruh dengan kontribusi penjualan terbesar hingga 54,15 persen (764 unit).
Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, mengatakan, ”Upaya kami untuk menghadirkan All New Ertiga di booth Suzuki berhasil menjadi daya tarik pengunjung selama IIMS 2018 berlangsung, tetapi tidak menghilangkan antusiasme mereka terhadap mobil-mobil unggulan Suzuki lainnya.”