Honda Day 2018, Strategi Honda Menyatukan Penggemar Setia
JAKARTA, KOMPAS – Untuk kedua kalinya, Honda memberikan bentuk apresiasi terhadap seluruh komunitas pengguna mobil Honda. Acara tahunan yang diberi tajuk “Honda Fastival 2018” menggalang lebih dari 3.000 mobil dari 24 komunitas Honda di Jakarta International Expo, Kemayoran, Minggu (13/5/2018).
Dalam sambutan singkatnya, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) Takehiro Watanabe mengatakan, inilah bentuk apresiasi Honda terhadap konsumen, komunitas, dan seluruh penggemar mobil Honda. Menurut dia, keberadaan komunitas penting sebagai wadah konsumen loyal Honda, sekaligus menunjukkan bahwa produk Honda telah diterima dengan baik di Indonesia.
“Please, please, please... Enjoy!” ujar Takehiro.
Tumbuhnya rasa kekeluargaan itu pun terungkap dari sejumlah perwakilan dari 24 komunitas yang didaulat untuk menunjukkan keunggulan dari masing-masing komunitas. Walaupun dari satu model melahirkan lebih dari satu komunitas, seperti komunitas Honda Jazz, BR-V, maupun Mobilio, seluruh perwakilan komunitas menyatakan rasa keakrabannya sebagai satu keluarga besar.
Penggalangan rasa persaudaraan itu ditunjukkan dalam berbagai kegiatan mulai dari balapan, modifikasi, aktivitas sosial, hingga apresiasi terhadap konsumen loyal Honda. Ajang Honda Fastival dibagi menjadi beberapa zona aktivitas. “Zona Racing” dirancang untuk para pencinta kecepatan dan mereka yang ingin membuktikan skill dan mengadu performa mobilnya. Di zona ini, kompetisi di beberapa jenis balapan digelar, seperti Go Kart, Slalom, hingga Drag Race.
Pada lomba Drag Race, setiap peserta beradu kecepatan di trek lurus sejauh 100 meter untuk memperebutkan gelar juara di 6 kategori, yakni Bracket Time 6 detik, 7 detik, 8 detik, 9 detik, 10 detik dan Free for All.
Sedangkan, di kompetisi Slalom, para peserta juga dapat menunjukkan kemampuannya bermanuver dalam waktu singkat untuk meraih juara di 6 kategori, yaitu Bracket Super Honda (dibawah 20 detik) serta Bracket 20, 22, 24, 26 dan 28 detik dengan hadiah jutaan rupiah. Tak hanya itu, anggota komunitas untuk pertama kali dapat mencoba balapan Go Kart untuk bersaing meraih lap time terbaik.
Di “Zona Experience”, sensasi mengendarai Honda Civic Type R diberikan melalui kompetisi balap virtual reality yang didukung motion simulator, serta mencoba mengendarai Honda NSX melalui kacamata VR. Di zona ini, Honda juga membawa teknologi mobilitas terbarunya yaitu Honda UNI-CUB β, yang dapat dicoba langsung oleh pengunjung.
“Seru banget, naik UNI-Cub Honda. Keseimbangan badan kita bisa menjadi alat untuk membuat alat transportasi ini berjalan,” kata Erny Hendrawati, salah satu pengunjung Honda Day 2018.
Sedangkan, untuk menggalakkan keselamatan berkendara, Honda juga menampilkan “Zona Safety” yang menampilkan berbagai teknologi dan inisiatif keselamatan berkendara dari Honda. Pada ajang ini, Honda juga mencanangkan kampanye “Safety Starts with Honda” dengan mengajak para pengunjung untuk berkomitmen berkendara yang aman di jalan.
Di ajang Honda Fastival, Honda juga mengajak keterlibatan komunitas khususnya di “Zona Komunitas”. Di area ini, berbagai komunitas Honda menampilkan mobil klasik Honda dan jajaran mobil terunik yang menjadi maskot dari setiap komunitas.
Pada kesempatan ini, Honda bersama para komunitasnya juga melakukan aktivitas sosial dengan mengumpulkan buku dan alat tulis untuk kebutuhan sekolah anak-anak yang membutuhkan. Sumbangan ini berasal dari anggota seluruh komunitas Honda yang terlibat di acara Honda Fastival.
“Tak sulit menghadirkan mobil-mobil klasik Honda. Kami tinggal mengontak komunitas-komunitas. Mereka sangat responsif. Ya, inilah bentuk rasa persaudaraan yang selama ini terus dibina,” ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM Jonfis Fandy.
Untuk menunjang kenyamanan dan menambah keseruan, Honda menyediakan berbagai fasilitas permainan anak, stan makanan dan minuman, hingga pertunjukan spesial dari Gen Halilintar. Sementara itu, untuk para penggemar miniatur mobil atau diecast juga dapat berpartisipasi dalam lomba modifikasi diecast Honda serta lomba drag race khusus diecast Honda di atas trek mini.
Sedangkan, pengunjung yang gemar memodifikasi mobilnya, juga dapat berbelanja suku cadang dan aksesoris mobil Honda dengan harga spesial di stan komunitas.
Jonfis mengatakan, “Acara Honda Fastival dirancang sebagai sebuah hari yang seru untuk seluruh pencinta Honda. Di ajang ini, mereka dapat menikmati berbagai acara yang sesuai dengan karakter mobil Honda, yaitu sporty, stylish, dan menyenangkan untuk dikendarai semua orang.”
Loyalitas
Seorang konsumen loyal Honda, Wirawan Ardiwinata, yang telah setia menggunakan mobil Honda selama 30 tahun pun didaulat untuk berbagi pengalaman tentang Honda. Sebagai bentuk penghargaan, Honda menghadiahkan servis gratis hingga 900.000 kilometer kepada konsumen tersebut.
Wirawan pertama kali mengenal dan mengendarai mobil Honda milik ayahnya. Mobil Honda pertama yang ia miliki adalah Honda Civic Wonder pada tahun 1989, hingga akhirnya berganti dengan Honda Civic Ferio pada tahun 2000, yang hingga kini masih dirawat dengan sangat baik. Meskipun demikian, mobil yang paling sering digunakan untuk kegiatan sehari-harinya adalah Honda CR-V yang dibeli pada tahun 2001.
Selama 17 tahun, Honda CR-V ini telah menempuh jarak sejauh 450.391 kilometer. “Biasanya saya menggunakan mobil ini untuk mengantar anak sekolah, juga mengantar istri saya yang bekerja. Setiap akhir pekan, saya juga biasa pulang pergi untuk keperluan bisnis,” ujar Wirawan.
Ada beberapa faktor yang membuat Wirawan memiliki mobil Honda hingga bertahun-tahun lamanya. Menurut Wirawan, mobil Honda memiliki konsumsi bahan bakar yang hemat dan kualitas yang tahan lama, sehingga mampu menunjang kegiatan keluarganya selama belasan tahun yang juga didukung perawatan berkala di bengkel resmi Honda secara rutin.
Salah satu hal yang paling disukainya dari Honda CR-V adalah ground clearance yang tinggi, sehingga mampu melewati berbagai medan jalan di Jakarta maupun di luar kota.
Sebagai penghargaan terhadap Wirawan yang telah menjadikan Honda CR-V sebagai bagian dari kesehariannya selama 17 tahun, Honda memberikan apresiasi berupa servis gratis untuk Honda CR-V tersebut sejumlah kilometer yang sudah ditempuh, yaitu hingga 900.000 kilometer. Servis gratis tersebut meliputi gratis biaya service dan suku cadang yang sesuai dengan perawatan berkala. Servis ini juga dapat dilakukan di seluruh bengkel Honda di Indonesia.
Jonfis mengatakan, “Hadiah ini merupakan apresiasi terhadap konsumen kami yang telah setia menggunakan beberapa mobil Honda dalam jangka waktu yang sangat lama. Tentu, enggak mudah membangun kepercayaan konsumen hingga tahap itu. Hal ini sejalan dengan tujuan kami untuk selalu menawarkan produk yang berkualitas, menyenangkan untuk dikendarai, tahan lama, sekaligus layanan purna jual yang dapat diandalkan sehingga memberikan pengalaman yang berkesan bagi setiap konsumen.” (OSA)