Fitur Bantu Korban Bencana Kini Hadir dalam Facebook
Oleh
Ayu Pratiwi
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Fitur Community Help yang dirancang Facebook untuk membantu korban bencana berkomunikasi kini hadir dalam aplikasi Facebook, juga dalam versi ringannya, Facebook Lite.
Dalam fitur itu, korban dapat mengabarkan keadaannya. Pengguna lain yang ingin membantu juga dapat memperoleh informasi bagaimana ia dapat mengirim bantuannya.
Community Help tersedia dalam aplikasi Facebook sejak Januari 2017 dan dalam Facebook Lite pada September 2018. Facebook Lite yang diluncurkan pada Juni 2015 dapat berfungsi tanpa menggunakan banyak data dan baterai seperti versi kompletnya.
Untuk itu, Facebook Lite ditargetkan bagi pengguna di kawasan yang konektivitas internetnya lambat, seperti pada lokasi yang padat pengguna atau dalam keadaan bencana alam.
”Prioritas kami adalah membantu orang mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan selama proses penanggulangan bencana. Dengan menyediakan Community Help dalam Facebook Lite, kami berharap semakin banyak orang akan bisa mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan di tengah kesulitan akibat bencana,” kata Jeong-Suh Choi, Facebook Crisis Response Product Manager, dalam keterangan persnya, Selasa (11/9/2018).
Aplikasi Facebook Lite kini tersedia di lebih dari 100 negara dan tersedia dalam 55 bahasa. ”Facebook Lite menggunakan data yang lebih sedikit, mudah diinstal, responsif, serta dapat digunakan di perangkat low-end pada jaringan (internet) yang lambat,” kata Jeong.
Dikutip dari newsroom.fb.com, Naomi Gleit, Vice President Social Good Facebook, menjelaskan, Community Help diluncurkan karena sejumlah korban bencana telah menggunakan Facebook sebelumnya untuk mengabarkan keadaannya kepada keluarga dan temannya.
”Dengan Community Help, mereka dapat memberikan dan menemukan informasi tentang bantuan. Mereka bisa berhubungan secara langsung. Post mereka dapat diperoleh berdasarkan kategori dan lokasi,” ujarnya.
Untuk dapat menggunakan fitur Community Help, fitur Safety Check harus diaktifkan. Safety Check aktif dalam dua kondisi.
Pertama, bencana itu telah dilaporkan agen pemberi jasa keselamatan dan keamanan NC4 dan iJET International kepada Facebook, yang kemudian akan memonitor post yang telah diunggah di sekitar area bencana itu.
Kedua, apabila bencana tersebut dibicarakan banyak pengguna, masyarakat di area bencana itu akan diimbau Facebook agar melaporkan apabila mereka aman atau tidak serta mengundang pengguna lain melakukan hal serupa.
Melalui Community Help, pengguna di area bencana yang Safety Check-nya telah aktif dapat berkomunikasi dan memberikan bantuan.