Ada lalu lintas perbincangan yang bisa ”ditunggangi” para jagoan pemasaran.
Oleh
ANDREAS MARYOTO
·4 menit baca
Senin 8 April 2024, sejumlah wilayah di Amerika Serikat mengalami gerhana matahari total. Kejadian langka ini menarik perhatian berbagai kalangan, termasuk para pebisnis. Gerhana matahari menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk membuat bisnis. Ada lalu lintas perbincangan yang bisa ”ditunggangi” para jagoan pemasaran.
Kita bisa menemukan berbagai produk membuat promosi ketika terjadi fenomena alam tersebut. Pada intinya, gerhana matahari mendapat sambutan banyak orang dan akan memanggil orang untuk berbuat sesuatu. Kejadian alam ini membutuhkan kemampuan untuk merespons momen langka dan alami. Biaya tambahan yang dikeluarkan bakal rendah dan akan memberikan dampak yang tinggi. Laman Forbes menyebutkan, ini adalah sebuah pertemuan unik dari berbagai kemungkinan yang memanggil orang kreatif, pembuat konten, dan inovator produk berpengalaman.
Penjelasannya sangat sederhana, gabungkan merek Anda dengan cara yang otentik untuk merayakan fenomena yang menyatukan manusia saat mereka mengambil jeda untuk merenungkan posisi mereka di dalam sebuah tata surya. Fenomena ini menjadi impian mereka yang bergerak di bidang pemasaran, kemampuan untuk terhubung dengan audiens, sekaligus mengenang pengalaman bersama dari sebuah keajaiban alam.
Pada saat bersamaan, obrolan gerhana matahari pasti akan meriah di media sosial. Perusahaan harus bisa memanfaatkan atau mencuri perhatian di tengah lalu lintas di media sosial yang tengah membicarakan kejadian langka ini. Mereka harus menjadi yang terdepan ketika orang mulai melihat gerhana matahari dan melepas kacamata mereka. Sekitar 31 juta orang menonton secara langsung peristiwa itu.
Peristiwa astronomi ini merupakan peristiwa terakhir yang terjadi di Benua Amerika Serikat hingga akan terjadi lagi pada 2044. Fenomena ini telah menginspirasi festival musik bertema gerhana, paket kapal pesiar, wisata alam, tur bersepeda, pemberian hadiah liburan, penawaran restoran, pesta bir tradisional, pembuatan cita rasa makanan penutup, pembuatan keripik rasa tertentu, dan bahkan tawaran untuk menonton pesta di ketinggian 30.000 kaki.
Laporan Inc menyebutkan, maskapai Delta Airlines membuat tawaran menarik. Terbang saat gerhana matahari, Tiket untuk penerbangan jalur dari Austin ke Detroit yang memungkinkan orang melihat gerhana di pesawat terjual habis dalam waktu kurang dari 24 jam. Delta terpaksa menambahkan perjalanan kedua untuk hari tersebut. Semua penumpang di dalamnya diberi kacamata gerhana milik Warby Parker. Warby ini juga membagikan kacamata gerhana gratis saat pengunjung menonton pesta di Soho House di Austin di lebih dari 240 toko milik Soho House.
Perusahaan harus bisa memanfaatkan atau mencuri perhatian di tengah lalu lintas media sosial yang tengah membicarakan kejadian langka ini.
Mengapa Warby Parker mau terlibat? Masih dari laman Inc, mereka mulai membagikan kacamata gerhana pada 1 April dan mengharapkan peminat terbesar dari lusinan tokonya di wilayah Austin dan Dallas. Keduanya berada di jalur gerhana matahari total dan dipastikan ada penonton dalam jumlah besar. Saat matahari bersinar kembali, Warby Parker memperkirakan perusahaannya sudah menyumbangkan ratusan ribu kacamata.
”Gerhana adalah peristiwa yang terjadi sekali dalam satu generasi dan kami senang menemukan peluang untuk terlibat dalam peristiwa terkini,” kata rekan pendiri Warby Parker, Dave Gilboa. Ketika kita merasa menjadi bagian dari jiwa sebuah zaman (zeitgeist), mereka yang melihat gerhana memiliki keuntungan yang sangat jelas.
Apa keuntungan bagi Warby Parker? ”Bahkan, jika orang-orang tidak berbelanja pada saat itu, mereka mungkin suatu saat akan ke toko kami. Mereka mungkin setidaknya akan memberi tahu teman-temannya tentang kami dan pada akhirnya hal ini akan berdampak pada bisnis. Jika kami dapat mendorong lebih banyak orang menonton gerhana, lalu lebih banyak pemahaman tentang merek kami, kami yakin semua ini akan terkonversi cukup tinggi dalam penjualan,” kata Dave.
Gerhana matahari total di Amerika Serikat juga menginspirasi sejumlah kampanye pemasaran beberapa merek makanan. Beberapa di antaranya sangat cerdik memanfaatkan peristiwa dramatis ini dengan kemampuan mereka memunculkan merek dan membuat komunikasi publik dengan cara memberikan penawaran yang sangat istimewa.
Ada beberapa contoh yang diulas media. Krispy Kreme bermitra dengan Oreo membuat donat bertema gerhana. Rasa spesial SunChips Frito-Lay tersedia secara daring hanya sekitar empat setengah menit saat matahari akan sepenuhnya tertutup bulan. Sementara itu, MoonPie menjual ”peralatan bertahan hidup selama gerhana matahari” edisi terbatas dengan kacamata yang menyertai sandwich marshmallow-nya.
Pada intinya, kejadian langka seperti gerhana matahari menghadirkan peluang emas bagi bisnis untuk memanfaatkan kegembiraan dan aktivitas orang seputar peristiwa langit itu. Seorang penulis bernama Beverly Cornell di BC & Associates Marketing mengatakan, saat itu merek harus berinteraksi secara berkesan dengan audiens mereka.
Gerhana matahari menarik perhatian dan liputan media secara luas, menarik perhatian para penggemar astronomi, pengamat biasa, dan masyarakat umum. Bisnis dapat memanfaatkan gerhana matahari sebagai peluang unik dan tepat waktu untuk terhubung dengan audiens mereka dan menunjukkan kreativitas dan relevansi merek mereka. Ingatlah bahwa pemasaran yang hebat menyelaraskan wawasan, waktu, dan visibilitas!