logo Kompas.id
EkonomiMeraba Berkah Konsumsi...
Iklan

Meraba Berkah Konsumsi Ramadhan bagi Emiten Pasar Modal

Belanja makanan-minuman dan ”fashion” cenderung meningkat saat Ramadhan. Bagaimana pengaruhnya terhadap emiten ritel?

Oleh
ERIKA KURNIA
· 7 menit baca
Petugas membantu mengemas barang belanjaan pengunjung di supermarket ritel di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (14/3/2023). Jelang bulan puasa Ramadhan, kunjungan ke supermarket ritel mengalami peningkatan.
KOMPAS/PRIYOMBODO

Petugas membantu mengemas barang belanjaan pengunjung di supermarket ritel di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (14/3/2023). Jelang bulan puasa Ramadhan, kunjungan ke supermarket ritel mengalami peningkatan.

Bulan Ramadhan yang diisi kegiatan puasa umat Islam justru selalu meningkatkan gairah konsumsi masyarakat. Tren ini diharapkan mendatangkan berkah bagi para pelaku usaha, dari pedagang ritel kecil hingga perusahaan bermodal besar yang tercatat di bursa.

Survei YouGof berjudul, ”Ramadan 2024 in Indonesia: Trends in Festive Shopping, THR spending and Mudik Travel”, Januari 2024, memotret hal ini. Mayoritas dari 2.136 Muslim dewasa yang disurvei menyatakan akan mengeluarkan uang bukan hanya untuk kegiatan ibadah, seperti beramal, tetapi juga berbelanja kebutuhan konsumsi.

Editor:
FX LAKSANA AGUNG SAPUTRA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000