Netizen di X mengeluhkan gangguan layanan data Indosat Ooredoo Hutchison.
Oleh
MEDIANA
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Tagar ”Indosat” menjadi topik tren (trending topic) di urutan teratas platform X (dulu Twitter), Jumat (26/1/2024) malam. Gangguan layanan data menjadi penyebab utama.
Netizen di X mengeluhkan gangguan layanan data Indosat Ooredoo Hutchison. Di antara mereka, selain mencuitkan keluhan, juga mengunggah foto manusia purba untuk mengilustrasikan betapa lambatnya internet di operator seluler itu.
Beberapa warganet ada yang mulanya merasa paket data mereka habis, tetapi ternyata bukan, seperti pemilik akun @gilangmeillanoo yang mencuit, ”gw kira paket data abis, ternyata gangguan lagi gangguan lagi #indosat #tri (saya kira paket data habis, ternyata gangguan lagi, gangguan lagi)”.
Ada juga warganet yang akhirnya malah membandingkan kualitas jaringan Indosat Ooredoo Hutchison dengan operator telekomunikasi seluler lainnya, seperti pemilik akun @temen_pik. Pemilik akun ini mencuit ”ibarat kek satu ngerasain surga, satunya ngerasain neraka #indosat”.
Menanggapi trending topic itu, Senior Vice President Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang membenarkan bahwa ada gangguan layanan data Jumat malam. Namun, dia tidak menyebutkan detail lokasi gangguan di daerah mana.
”Layanan telepon dan SMS masih berjalan normal. Kami memohon maaf atas dampak gangguan yang dirasakan,” ujarnya.
Tim teknis Indosat Ooredoo Hutchison sedang dalam proses penanganan gangguan. Hasil pemulihan akan secepatnya diumumkan.
Sebelumnya, pada awal Januari 2024, pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison di sebagian Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta sempat heboh karena sinyal hilang. Hal itu adalah buntut terjadinya kebakaran di gedung pemancar Indosat Ooredoo Hutchison Ngesrep, Banyumanik, Semarang.
Pada saat itu, perusahaan juga meminta maaf dan cepat menangani. Perusahaan bahkan mengimbau kepada pelanggan untuk segera menghubungi pusat pelayanan pelanggan jika kendala masih terjadi.
Sekitar satu jam setelah pernyataan pertama, Steve Saerang kemudian memberikan keterangan bahwa layanan data Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) sudah kembali normal sepenuhnya.
"Sekali lagi kami memohon maaf atas kendala layanan data yang sempat dirasakan oleh pelanggan malam ini. Kami sangat berterima kasih atas kesabaran dan kesetiaan pelanggan menunggu pulihnya layanan data kami. Kami mengimbau kepada pelanggan untuk mencoba kembali secara berkala, dan segera menghubungi layanan pelanggan IM3 dan Tri jika kendala masih terjadi," kata dia.
Namun Steve belum memberi keterangan apa yang bermasalah sehingga layanan internet terganggu.