Ekonomi Hari Ini: Jelang Akhir Tahun dan Musim Kampanye
”Kompas” hari ini akan menurunkan sejumlah kabar menarik, yakni persiapan liburan akhir tahun hingga kampanye Pemilu 2024.
Oleh
FX LAKSANA AGUNG SAPUTRA
·2 menit baca
November tinggal tiga hari lagi. Desember, bulan terakhir, akan segera tiba. Ada yang sama setiap kali Desember tiba, apalagi kalau bukan hawa libur akhir tahun.
Bagi perusahaan, waktunya siap-siap tutup buku sekaligus menajamkan rencana-rencana bisnis untuk tahun depan. Bagi masyarakat, libur akhir tahun adalah hajatan untuk refreshing. Keluarga-keluarga Indonesia berkepentingan untuk itu.
Demikian pula sejumlah pemangku kepentingan yang menyelenggarakan semua hal terkait libur akhir tahun. Misalnya para pemangku kepentingan di bidang perhubungan, pariwisata, dan kuliner.
Ada yang spesial pada Desember tahun ini, yakni bangsa Indonesia memasuki musim kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sudah barang tentu ada banyak dinamika selama periode itu, termasuk hal-hal seputar ekonomi.
Kompas
Lantas bagaimana pula dengan proyeksi ekonomi digital Indonesia pada 2024? Asosiasi Pengusaha Indonesia hari ini akan menggelar diskusi panel membahas ekonomi digital Indonesia. Selain peluangnya yang bolak-balik disebutkan besar, apa saja tantangannya?
Berkaitan dengan libur akhir tahun, Institut Transportasi dan Logistik Trisakti Jakarta hari ini menggelar diskusi publik. Tema yang diangkat adalah ”Kebijakan Pembatasan Angkutan Barang, Urgensi, dan Penerapannya”.
Sejumlah narasumber dari beberapa pemangku kepentingan terkait dijadwalkan hadir, di antaranya dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Perdagangan, dan Apindo.
Sementara itu, Selasa ini adalah hari pertama masa kampanye Pemilu 2024. Berdasarkan jadwal Komisi Pemilihan Umum, masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024.
Media sosial menjadi wahana yang akan semakin strategis di masa kampanye. Oleh karena itu, semua berkepentingan memaksimalkan media sosial, baik dari sisi pengaruh maupun bisnis.
Sehubungan dengan itu, TikTok Indonesia akan meluncurkan Pusat Panduan Pemilu 2024. Selama Pemilu 2024, mengutip undangan yang disampaikan ke Kompas, TikTok berkomitmen mendorong integritas pemilu dan melawan penyebaran misinformasi, disinformasi, dan hoaks.
Di luar jadwal di atas, Kompas akan memantau menurunkan sejumlah agenda lain. Di antaranya adalah persoalan belum adanya prosedur operasi standar dalam pengangkutan kendaraan listrik di Indonesia. Ini penting sebab, tanpa prosedur standar, kendaraan listrik rawan terbakar selama pengangkutan.
Lantas ada pula evaluasi tentang implementasi Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko dalam Perizinan Berusaha. Sistem elektronik untuk mempermudah dan mengintegrasikan perizinan usaha ini diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 9 Agustus 2021 di Jakarta.