logo Kompas.id
EkonomiJangan Sampai Poin Pelanggan...
Iklan

Jangan Sampai Poin Pelanggan Anda Hangus

Pelanggan yang setia dengan jenama atau produk tertentu patut mendapatkan apresiasi yang tak boleh setengah hati dari perusahaan. Perusahaan perlu merumuskan bentuk apresiasi yang adil, terbuka, dan mudah ditebus.

Oleh
M PASCHALIA JUDITH J
· 4 menit baca
Poster-poster promo menghiasi pusat perbelanjaan retail di Kota Tangerang, Banten, Senin (4/2/2019). Potongan harga dan promo beli satu gratis satu menjadi senjata bagi pusat perbelanjaan retail untuk menarik minat belanja konsumen.
KOMPAS/PRIYOMBODO

Poster-poster promo menghiasi pusat perbelanjaan retail di Kota Tangerang, Banten, Senin (4/2/2019). Potongan harga dan promo beli satu gratis satu menjadi senjata bagi pusat perbelanjaan retail untuk menarik minat belanja konsumen.

Pelanggan mana yang tak senang mendapatkan poin apresiasi karena setia membeli produk dari jenama kesayangan. Poin yang diperoleh pelanggan biasanya dapat ditukar dengan promosi, diskon, hingga produk gratis. Oleh sebab itu, penting bagi pelanggan untuk menyadari bahwa penukaran poin merupakan hak konsumen yang bisa ditebus.

Sayangnya, tidak semua perusahaan memberikan kelonggaran waktu bagi pelanggan untuk menukar poin tanda kesetiaan. Apa yang terjadi apabila poin pelanggan tersebut hangus? Sejumlah perusahaan justru akan mencatatkannya sebagai pendapatan dalam laporan keuangannya. Contohnya, Starbucks Coffee Company di skala mancanegara yang berkantor pusat di Amerika Serikat (AS). Perusahaan tersebut telah melantai di bursa saham Nasdaq dengan kode emiten SBUX.

Editor:
ARIS PRASETYO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000