Pertumbuhan Penjualan Mobil Diprediksi Berlanjut pada Ramadhan-Lebaran 2023
Masyarakat cenderung membutuhkan kendaran untuk mudik atau berlibur. Perusahaan berupaya menangkap peluang itu dengan menyediakan program penjualan yang memudahkan konsumen membeli mobil.
Oleh
M PASCHALIA JUDITH J
·2 menit baca
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO
Pengunjung melihat kendaraan yang dipamerkan dalam ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Jumat (10/3/2023). Pameran otomotif yang diikuti lebih dari 60 jenama ini akan berlangsung hingga 19 Maret.
JAKARTA, KOMPAS — Setelah menunjukkan tren positif pada Januari-Februari 2023, pelaku industriotomotif optimistis pertumbuhan penjualan kendaraan roda empat akan berlanjut pada periode Ramadhan-Lebaran 2023. Kebutuhan kendaraan untuk mudik dan berlibur serta ruang pengeluaran masyarakat yang lebar menopang optimisme tersebut.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, total penjualan kendaraan roda empat pada Januari-Februari 2023 mencapai 181.077 unit. Angka ini 9,6 persen lebih tinggi secara tahunan. Penjualan pada Februari 2023 sebanyak 86.954 unit atau tumbuh 7,4 persen dibandingkan Februari 2022.
Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara mengatakan, menjelang periode Ramadhan-Lebaran 2023, penjualan mobil cenderung meningkat. Artinya, tren pertumbuhan sejak awal 2023 berpotensi berlanjut. “Kondisi perekonomian lebih bagus dan masyarakat sekarang punya banyak tabungan (sehingga berpotensi memicu kenaikan penjualan mobil pada awal tahun),” katanya saat ditemui di sela-sela pameran Gaikindo Jakarta Auto Week yang diadakan di Jakarta, Jumat (10/3/2023).
Kukuh menuturkan, penjualan mobil saat Ramadhan-Lebaran pada masa pandemi Covid-19 di 2020 turun hingga lebih dari 10 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Padahal, sebelum pandemi, pertumbuhan penjualan pada Ramadhan-Lebaran dapat mencapai 10 persen. Oleh sebab itu, dia berharap, penjualan mobil pada Ramadhan-Lebaran tahun ini dapat menyerupai kinerja saat sebelum pandemi.
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau stan peserta usai membuka Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Jumat (10/3/2023). Pameran otomotif yang diikuti lebih dari 60 jenama ini akan berlangsung hingga 19 Maret.
Dibandingkan mobil seken, dia memperkirakan, masyarakat cenderung memilih mobil baru pada Ramadhan-Lebaran 2023. Biasanya, tipe mobil yang menjadi favorit untuk dibeli konsumen pada periode itu ialah multipurpose vehicle (MPV).
Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy juga optimistis pertumbuhan penjualan mobil yang positif terjadi pada Ramadhan-Lebaran 2023. “Pertumbuhan kami dari Januari 2023 ke Februari 2023 mencapai 9 persen,” katanya saat ditemui dalam pameran yang sama.
Menurutnya, penjualan mobil pada periode tersebut berpotensi naik lantaran adanya peningkatan perputaran bisnis pada saat ini. Selain itu, masyarakat cenderung membutuhkan kendaran untuk mudik ataupun berlibur. Perusahaan pun berupaya menangkap peluang tersebut dengan menyediakan program penjualan yang memudahkan konsumen membeli mobil.
Tren serupa juga disampaikan Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Anton Jimmy Suwandi. Penjualan mobil Toyota pada Januari-Februari 2023 lebih tinggi dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Dia optimistis, penjualan pada Maret-April 2023 dapat bertumbuh. Target penjualan pada Januari-Februari 2023 ditargetkan mencapai 25.000 unit sedangkan Maret-April 2023 sebanyak 30.000 unit. “Biasanya, konsumen mencari mobil tipe 5-seater atau 7-seater (saat Ramadhan-Lebaran),” ujarnya.
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO (TOK)
Suasana persiapan Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Kamis (9/3/2023). Pameran otomotif yang akan berlangsung selama 10 hari mulai Jumat (10/3/2023) ini diikuti oleh lebih dari 60 jenama, seperti kendaraan penumpang, kendaraan premium, kendaraan komersial, dan industri pendukung. KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO (TOK) 09-03-2023
Dalam pidato pembukaan pameran, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menggarisbawahi dana pihak ketiga, salah satunya deposito di atas Rp 5 miliar, belum terserap di sektor riil. Dia berharap, industri otomotif menjadi salah satu penyerapnya agar perekonomian nasional dapat bertumbuh.
Untuk memanfaatkan momentum pertumbuhan belanja otomotif masyarakat jelang Ramadhan-Lebaran 2023, Kukuh menyatakan, pelaku industri mengadakan Gaikindo Jakarta Auto Week. Pameran ini diadakan di Jakarta Convention Center pada 10-19 Maret 2023.
Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menyebutkan, pameran otomotif tersebut menampilkan inovasi dari lebih dari 20 jenama kendaraan penumpang, premium, maupun komersial. “Semakin banyak variasi kendaraan yang dihadirkan di Indonesia, daya saing industri otomotif nasional di pasar global akan semakin kuat dan ekspor meningkat,” tuturnya saat membuka pameran.
Mengusung tema yang memadukan dengan gaya hidup, pameran otomotif yang dihelat turut menyelenggarakan konser musik, festival kuliner, hingga pagelaran busana. Berdasarkan laporan dari Gaikindo, transaksi pada pameran tersebut ditargetkan mencapai Rp 2,3 triliun dengan target pengunjung sebanyak 53.000 orang. Target tersebut hanya bersumber dari pameran otomotif, tidak termasuk konser musik.