logo Kompas.id
EkonomiImpor Kereta Bekas Bukan...
Iklan

Impor Kereta Bekas Bukan Prioritas

Impor kereta bekas menjadi salah satu opsi, tetapi bukan prioritas. Industri kereta dalam negeri harus diperkuat supaya impor kereta bekas tidak terus terulang.

Oleh
JUMARTO YULIANUS
· 3 menit baca
Kereta rel listrik (KRL) memasuki Stasiun Palmerah di Jakarta, Sabtu (4/3/2023). Tahun ini, sebanyak 10 rangkaian KRL akan dikonservasi atau dipensiunkan karena usia pakainya sudah terlalu lama.
KOMPAS/JUMARTO YULIANUS

Kereta rel listrik (KRL) memasuki Stasiun Palmerah di Jakarta, Sabtu (4/3/2023). Tahun ini, sebanyak 10 rangkaian KRL akan dikonservasi atau dipensiunkan karena usia pakainya sudah terlalu lama.

JAKARTA, KOMPAS — Impor kereta rel listrik atau KRL tetap menjadi opsi Kementerian Perindustrian dalam upaya mendukung peremajaan sarana KRL. Namun, pengimporan itu bukan prioritas, apalagi mengimpor kereta bekas. Industri kereta dalam negeri dipandang perlu diperkuat supaya impor kereta bekas tidak terulang lagi.

Tahun ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter atau Kereta Commuter Indonesia (KCI) merencanakan pengadaan kereta bukan baru atau kereta bekas untuk mengganti kereta yang dikonservasi atau dipensiunkan pada 2023. Rencana mengimpor kereta bekas dari Jepang itu sudah disetujui Kementerian Perhubungan, tetapi belum disetujui Kementerian Perindustrian.

Editor:
NUR HIDAYATI
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000