logo Kompas.id
EkonomiSaatnya Mengubah Hierarki
Iklan

Saatnya Mengubah Hierarki

Hierarki memungkinkan kecerdasan dan kreativitas manusia berkembang di dalam skala yang lebih besar. Ide dan kreativitas bisa terwujud menjadi produk dan layanan yang bisa menjangkau lebih banyak orang.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 3 menit baca
Dari kiri ke kanan, Aria Ghana (perwakilan komunitas 501st Garuda Garrison Indonesia), Clair Deevy (Direktor Program Kebijakan Facebook), dan Tidar Rachmadi (Co-Founder SabangMerauke).
KOMPAS/AYU PRATIWI

Dari kiri ke kanan, Aria Ghana (perwakilan komunitas 501st Garuda Garrison Indonesia), Clair Deevy (Direktor Program Kebijakan Facebook), dan Tidar Rachmadi (Co-Founder SabangMerauke).

Perusahaan sebesar Meta yang dulu dikenal dengan nama Facebook melihat bahwa hierarki yang ada sudah tertinggal. Ada beberapa hal yang dirasakan diputuskan terlalu lama hingga mereka melihat hierarki harus mula diubah. Mereka tengah mencari bentuk perintah-kontrol yang pas. Perubahan teknologi, pandemi, dan perubahan kultur menjadi pendorong perusahaan untuk mulai memikirkan ulang hierarki yang ada.

Beberapa waktu lalu, CEO Meta Mark Zuckerberg saat pertemuan manajemen dengan investor, media, dan pihak lainnya mengatakan bahwa perusahaan berencana terus menahan biaya setelah melakukan sejumlah analisis. Dia menjanjikan tahun ini sebagai ”Tahun Efisiensi” dan mengatakan bahwa Meta akan lebih proaktif dalam memotong berbagai hal dengan dengan prioritas rendah dan juga peran dengan kinerja rendah.

Editor:
ARIS PRASETYO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000