Pasar ritel yang kuat mendorong perbankan meningkatkan layanan untuk menyasar segmen ini.
Oleh
BENEDIKTUS KRISNA YOGATAMA
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Permintaan dan konsumsi masyarakat yang masih kuat memikat perbankan untuk fokus menggarap segmen ini. Perbankan pun berkolaborasi dengan entitas dari sektor lain, seperti makanan dan minuman, untuk bisa meningkatkan pendapatan dari potensi pasar ritel.
Salah satu upaya itu dilakukan Bank OCBC NISP yang berkolaborasi dengan grup restoran, Imperial Group. Bank OCBC NISP berperan dalam memberikan inkubasi bisnis kepada Imperial Group untuk mengembangkan aplikasi Imperial Club.
Business Incubation Lead Bank OCBC NISP Altona Widjaja menjelaskan, permintaan di pasar ritel, khususnya makanan dan minuman, terus meningkat seiring dengan ekonomi yang bertumbuh. Hal ini yang memikat perbankan untuk fokus menggarap segmen ritel ini.
Altona menjelaskan, pihaknya berkolaborasi dengan Imperial Group memberi inkubasi bisnis untuk mengakselerasi pengembangan aplikasi Imperial Club. Dukungan inkubasi bisnis itu berupa riset kebutuhan pasar dan riset fitur-fitur aplikasi yang dibutuhkan nasabah untuk dikembangkan di aplikasi Imperial Club.
Aplikasi Imperial Club merupakan aplikasi dengan berbagai fitur layanan dari Imperial Group, mulai dari pemesanan dan pengiriman makanan, reservasi restoran, hingga penawaran berbagai promo potongan harga.
Melalui kolaborasi ini, Bank OCBC NISP akan mendapatkan keuntungan dari pendapatan nonbunga (fee based income) ataupun komisi dari pembayaran konsumen dari pemesanan makanan di aplikasi Imperial Club. Di sisi lain, Imperial Group mendapatkan keuntungan dari arus kunjungan nasabah OCBC NISP ke aplikasi tersebut.
”Kolaborasi ini saling menguntungkan, baik untuk OCBC NISP maupun Imperial Group,” ujar Altona dalam acara peluncuran aplikasi Imperial Club, Jakarta, Rabu (25/1/2022).
Chief Executive Officer (CEO) Imperial Group Ma Wilianto menjelaskan, kerja sama ini berawal dari status Imperial Group sebagai debitor Bank OCBC NISP. Adapun pihak Bank OCBC NISP menanyakan kepada Imperial Group, apakah ada proyek yang bisa didukung oleh OCBC NISP. Imperial Group pun tertarik dengan tawaran Bank OCBC NISP untuk memberikan dukungan dari inkubasi bisnis untuk mengakselerasi pengembangan aplikasi Imperial Club.
Ia menjelaskan, permintaan dan konsumsi dari sektor ritel, khususnya di industri makanan dan minuman, masih sangat kuat. Hal inilah yang membuat aplikasi ini punya potensi besar di waktu mendatang sehingga menarik perhatian Bank OCBC NISP untuk mendorong pengembangan aplikasi ini.
Syariah
Upaya perbankan meningkatkan pasar segmen ritel juga dilakukan oleh CIMB Niaga. Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk atau CIMB Niaga Syariah akan meluncurkan produk baru, yakni Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Xtra Manfaat iB pada awal tahun ini.
”Kami punya senjata baru KPR Xtra Manfaat iB. Sebelumnya, tanpa (produk) itu kami bisa tumbuh double digit, setelah ada produk itu kami optimistis bisa menjangkau semua kalangan,” ujar Head of High End I CIMB Niaga Syariah Ferry O Mantiri, di Jakarta, Selasa (24/1/2023).
Head of Sharia Consumer CIMB Niaga Bung Aldilla mengatakan, CIMB Niaga Syariah ingin mengawali tahun 2023 dengan semangat baru untuk mengoptimalkan potensi gaya hidup syariah dan industri halal di Indonesia yang semakin berkembang.