Potongan Harga Tiket Pesawat Diharapkan Naikkan Minat Berwisata
Periode Januari-Agustus 2022 tercatat sebanyak 33,9 juta penumpang angkutan udara di Indonesia. Adapun jumlah penumpang internasional di periode yang sama tercatat sebanyak 3,2 juta orang.
Oleh
Ayu Octavi Anjani
·3 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Potongan harga tiket pesawat terbang diharapkan menaikkan minat masyarakat untuk berwisata atau berpergian. Pasalnya, akibat pandemi Covid-19 sejak awal 2020 lalu, sektor pariwisata Indonesia termasuk yang paling terpukul dan kini mencoba bangkit pulih. Maskapai Garuda Indonesia menjadi salah satu maskapai yang memberikan potongan harga tiket pesawat tersebut.
Berdasar data Badan Pusat Statistik, pada periode Januari-Agustus 2022 tercatat sebanyak 33,9 juta orang penumpang angkutan udara di Indonesia. Adapun jumlah penumpang internasional di periode yang sama tercatat sebanyak 3,2 juta orang. Angka tersebut naik pesat dibanding periode yang sama di tahun 2021 saat masih ada kebijakan pembatasan pergerakan orang.
Untuk meningkatkan mobilitas orang dan menaikkan minat berwisata, Garuda Indonesia menyelenggarakan Garuda Indonesia Online Travel Fair (GOTF) 2022 sebagai upaya memulihkan sektor pariwisata dalam negeri. GOTF akan resmi diselenggarakan pada 28 November hingga 6 Desember 2022.
Ajang bursa wisata ini diadakan secara daring dari sebelumnya diadakan secara luring, yakni Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2022 pada 28-30 Oktober 2022 di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang, Banten. Ajang yang melibatkan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Traveloka, dan Tiket.com ini menawarkan beragam promo pembelian tiket dan paket perjalanan dengan rute domestik maupun mancanegara.
”Kami memberikan diskon pembelian tiket hingga 80 persen jika pelanggan membeli selama penyelenggaraan GOTF tanggal 28 November hingga 6 Desember 2022 demi meningkatkan minat masyarakat berwisata,” ucap Direktur Layanan dan Niaga Garuda Indonesia Ade R Susardi dalam konferensi pers dan terkait GOTF 2022 pada Rabu (16/11/2022) malam di Jakarta.
Ade menambahkan, pelanggan yang membeli tiket penerbangan selama periode GOTF 2022 akan mendapatkan tambahan bonus diskon sebesar 50 persen serta hadiah utama mobil listrik untuk pembelian tiket terbesar selama periode berlangsung. Adapun transaksi penjualan ditargetkan mencapai 10.700 tiket yang terjual.
”Agenda ini akan terus kami jalankan untuk meningkatkan minat wisata masyarakat dan memulihkan sektor pariwisata pasca-pandemi Covid-19. Oleh karena itu, saat ini kami juga menyelenggarakannya secara daring,” ucap Ade.
Garuda Indonesia juga berkolaborasi dengan Bank Mandiri menghadirkan Livin Sukha, yakni aplikasi dari Bank Mandiri yang menjual tiket perjalanan udara Garuda Indonesia. Nasabah yang membeli tiket lewat aplikasi itu akan mendapatkan pengembalian uang (cashback) sebesar Rp 700.000 serta diskon hingga Rp 2,4 juta.
Menurut Direktur Jaringan & Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto, pandemi Covid-19 sangat berdampak pada penurunan perekonomian pariwisata dan penerbangan. Bersama Garuda Indonesia, pihaknya berupaya memulihkan ekonomi melalui ketersediaan konektivitas udara serta memfasilitasi masyarakat agar mudah bepergian.
Sementara itu, Chief Executive Officer of Transport Traveloka Iko Putera, mengatakan, sebagai agen perjalanan daring, pihaknya sangat mendukung percepatan pemulihan ekonomi, khususnya sektor pariwisata dalam negeri. Peningkatan pelayanan bagi masyarakat juga menjadi fokus Traveloka.
”Kami menawarkan diskon hingga Rp 500.000 untuk perjalanan domestik maupun mancanegara. Selain itu, kami menambahkan diskon Rp 500.000 untuk pembelian tiket penginapan,” ucap Iko.
Direktur Transportasi Tiket.com Andri Hendrawan menambahkan, pihaknya sangat antusias dengan penyelenggaraan GOTF 2022. Dia berharap dapat berperan menstimulasi pariwisata dalam negeri, khususnya industri penerbangan.
Andri, menilai, masyarakat perlu meningkatkan pariwisata dengan lebih banyak mengeksplorasi destinasi wisata lokal terlebih dahulu. Hal itu dapat menjadi salah satu upaya meningkatkan perekonomian pariwisata Indonesia.
”Sejauh ini berdasarkan data kami, destinasi wisata lokal yang paling digemari masyarakat adalah Bali, Medan, dan Surabaya,” ucap Andri.