logo Kompas.id
โ€บ
Ekonomiโ€บHarga Beras Perlahan Naik,...
Iklan

Harga Beras Perlahan Naik, Petani Masih Terimpit

Harga beras di tingkat konsumen naik sepekan terakhir. Kenaikan harga bahan bakar minyak dinilai turut memicu kenaikan itu. Sayangnya, situasi di hilir sering tidak sejalan dengan harga gabah di tingkat petani.

Oleh
ADITYA PUTRA PERDANA
ยท 1 menit baca
Buruh tani mengangkut gabah setelah dipanen di Desa Tlogoweru, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Kamis (16/2/2017).
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Buruh tani mengangkut gabah setelah dipanen di Desa Tlogoweru, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Kamis (16/2/2017).

JAKARTA, KOMPAS โ€” Harga beras di tingkat konsumen naik perlahan dalam sepekan terakhir kendati kenaikannya tidak signifikan. Hal itu dinilai sebagai dampak kenaikan harga bahan bakar minyak dan menjelang musim gadu. Namun, petani masih terimpit karena daya beli mereka tergerus seiring kenaikan harga barang kebutuhan sehari-hari.

Kendati perubahannya tidak signifikan, dalam sepekan terakhir, harga beras medium dan premium di tingkat nasional cenderung meningkat. Menurut data Panel Harga Badan Pangan Nasional, harga rata-rata nasional beras medium naik dari Rp 10.990 per kilogram (kg) pada 17 September menjadi Rp 11.000 per kg pada 23 September. Pada periode yang sama, beras premium naik dari Rp 12.510 per kg menjadi Rp 12.520 per kg.

Editor:
MUKHAMAD KURNIAWAN
Bagikan