logo Kompas.id
EkonomiIkut Festival Gamescom 2022,...
Iklan

Ikut Festival Gamescom 2022, Indonesia Targetkan Perluas Pasar di Luar Negeri

Pemerintah mendukung pemberangkatan 13 pengembang/perusahaan gim nasional mengikuti festival gim Gamescom 2022 di Jerman pada 24-29 Agustus 2022. Ajang ini diharapkan bisa memperluas pasar di Eropa dan Amerika.

Oleh
MEDIANA
· 3 menit baca
Pemain gim digital PUBG bermain di sekitar Jalan Kertanegara, Jakarta, Kamis (9/8/2018). Gim digital banyak diminati karena bisa bermain bersama-sama.
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Pemain gim digital PUBG bermain di sekitar Jalan Kertanegara, Jakarta, Kamis (9/8/2018). Gim digital banyak diminati karena bisa bermain bersama-sama.

JAKARTA, KOMPAS — Pasar gim Indonesia kini telah menembus urutan ke-16 dan pasar khusus mobile game Indonesia menduduki peringkat keenam dunia. Salah satu persoalan yang masih terulang adalah pasar itu masih didominasi oleh produk buatan pengembang dari asing. Sebaliknya, pengembang lokal menemukan pangsa pasar di luar negeri.

”Pendapatan pasar gim di Indonesia setiap tahun berkisar Rp 25 triliun-Rp 30 triliun. Sementara pasar mobile game (gim yang dimainkan di ponsel pintar) Indonesia menduduki 10 besar di dunia, sekitar peringkat keenam. Namun, pasar yang potensial ini susah ditembus oleh pengembang gim lokal,” ujar Ketua Umum Asosiasi Game Indonesia (AGI) Cipto Adiguno saat menghadiri konferensi pers mingguan yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf), Senin (15/8/2022) sore, di Jakarta.

Editor:
MUHAMMAD FAJAR MARTA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000