logo Kompas.id
EkonomiMasih Ada Kesenjangan Layanan ...
Iklan

Masih Ada Kesenjangan Layanan Seluler

Penggelaran layanan 5G di Asia Pasifik tengah berjalan, tetapi belum semua negara melakukannya. GSMA menyebut masih ada masalah penetrasi pengguna. Operator perlu mengatasi, selain tetap bertransformasi digital.

Oleh
MEDIANA
· 4 menit baca
Teknisi melakukan perawatan rutin base transceiver station (BTS) milik salah satu operator telekomunikasi di kawasan Cempaka Putih, Jakarta, Selasa (15/6/2021). Kemenkominfo mencatat, 12.548 desa di Indonesia belum menikmati layanan sinyal 4G LTE. Dari jumlah itu, 9.113 desa di antaranya termasuk desa tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) yang pembangunannya menjadi tanggung jawab Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kemenkominfo sampai 2022. Sedangkan desa sisanya menjadi tanggung jawab enam operator telekomunikasi yang beroperasi di Indonesia.
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO (TOK)

Teknisi melakukan perawatan rutin base transceiver station (BTS) milik salah satu operator telekomunikasi di kawasan Cempaka Putih, Jakarta, Selasa (15/6/2021). Kemenkominfo mencatat, 12.548 desa di Indonesia belum menikmati layanan sinyal 4G LTE. Dari jumlah itu, 9.113 desa di antaranya termasuk desa tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) yang pembangunannya menjadi tanggung jawab Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kemenkominfo sampai 2022. Sedangkan desa sisanya menjadi tanggung jawab enam operator telekomunikasi yang beroperasi di Indonesia.

Dalam laporan The Mobile Economy Asia Pacific 2022 yang dirilis Juli 2022, jaringan telekomunikasi seluler 3G, 4G, dan 5G telah menjangkau 96 persen populasi di kawasan Asia Pasifik. Global System for Mobile Communications Association menilai ini sebagai bukti investasi yang digelontorkan operator telekomunikasi seluler untuk pembangunan jaringan semakin meningkat dalam satu dekade terakhir.

Pada akhir tahun 2021, jumlah pengguna layanan telekomunikasi seluler di Asia Pasifik melebihi 1,2 miliar orang atau masih kurang 45 persen dari total populasi. Hal ini berarti lebih dari setengah populasi sebenarnya telah tercakup oleh jaringan pita lebar telekomunikasi seluler, tetapi belum berlangganan layanan. Dengan kata lain, masih ada kesenjangan penggunaan.

Editor:
ARIS PRASETYO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000