logo Kompas.id
EkonomiLayanan Digital Perbankan...
Iklan

Layanan Digital Perbankan Diperkuat

OJK merilis Peraturan OJK Nomor 11/2022 tentang Penyelenggaraan Teknologi Informasi oleh bank umum untuk mendorong penguatan operasional layanan digital perbankan.

Oleh
BENEDIKTUS KRISNA YOGATAMA
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/t01AAHZ9ibPT7ntz_lrcn8xVNzw=/1024x576/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2022%2F06%2F02%2F751f3350-0670-4da9-ad23-a65c441e002f_jpg.jpg

JAKARTA, KOMPAS — Otoritas Jasa Keuangan atau OJK mendorong penguatan operasional layanan perbankan digital dengan mengeluarkan peraturan OJK yang mengatur soal ini. Aturan ini dibuat untuk mendorong perbankan meningkatkan operasional layanan digitalnya, memperkuat perlindungan konsumen, dan mencegah kejahatan siber yang bisa merugikan bank serta nasabah.

Deputi Komisioner Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae menjelaskan, pandemi Covid-19 memaksa secara tidak langsung terakselerasinya layanan perbankan digital. Perkembangan teknologi memang memberi nilai tambah seperti meningkatkan efisiensi dan kemudahan pada nasabah. Namun di saat bersamaan, juga perlu disadari ada risiko-risiko yang perlu diantisipasi sehingga diperlukan regulasi dan panduan pengembangan operasional layanan digital perbankan.

Editor:
MUHAMMAD FAJAR MARTA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000