logo Kompas.id
EkonomiGeliat Konsumsi Bertumpu pada ...
Iklan

Geliat Konsumsi Bertumpu pada Masyarakat Kelas Menengah

Masyarakat berpenghasilan menengah dinilai menjadi tumpuan geliat pemulihan ekonomi. Di sisi lain, salah satu faktor yang memengaruhi masih rendahnya konsumsi rumah tangga adalah konsumsi kelas atas yang masih terbatas.

Oleh
Hendriyo Widi
· 4 menit baca
Pengunjung memilih buah-buahan yang ditawarkan dengan potongan harga di pasar swalayan di kawasan Karang Tengah, Kota Tangerang, Banten, Selasa (26/4/2022). Peningkatan belanja masyarakat pada periode Ramadhan dan Idul Fitri diyakini bakal menjadi pendorong kinerja industri manufaktur, terutama sektor ritel dan konsumsi.
KOMPAS/PRIYOMBODO

Pengunjung memilih buah-buahan yang ditawarkan dengan potongan harga di pasar swalayan di kawasan Karang Tengah, Kota Tangerang, Banten, Selasa (26/4/2022). Peningkatan belanja masyarakat pada periode Ramadhan dan Idul Fitri diyakini bakal menjadi pendorong kinerja industri manufaktur, terutama sektor ritel dan konsumsi.

JAKARTA, KOMPAS — Geliat konsumsi nasional masih bertumpu pada masyarakat berpenghasilan menengah. Agar konsumsi dapat tumbuh optimal, daya beli masyarakat berpenghasilan rendah perlu dijaga dan belanja masyarakat berpenghasilan atas perlu didorong.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi pada triwulan I-2022 sebesar 5,01 persen secara tahunan Konsumsi rumah tangga tumbuh 4,43 persen secara tahunan dan 0,19 persen secara triwulanan. Kontribusinya terhadap produk domestik bruto sebesar 53,56 persen.

Editor:
MUKHAMAD KURNIAWAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000