logo Kompas.id
EkonomiMenerjemahkan Kehendak Zaman
Iklan

Menerjemahkan Kehendak Zaman

Banyak perusahaan terus mengembangkan bisnis agar sesuai dengan kehendak zaman. Mereka mulai berinovasi dengan mendekatkan produk dan layanan mereka agar sesuai dengan konsumen generasi Z.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 4 menit baca
Ilustrasi pusat perabotan rumah tangga IKEA.
KOMPAS/STEFANUS OSA

Ilustrasi pusat perabotan rumah tangga IKEA.

Perusahaan ritel Ikea di Amerika Serikat membuat langkah berani. Mereka membeli kembali produk-produk lama yang telah dibeli konsumen. Kemudian Ikea akan memberi ”kredit toko” kepada para penjual yang bisa digunakan untuk membeli kembali di Ikea. Sementara barang yang sudah dibeli akan dijual kembali melalui sebuah kurasi di bagian yang disebut ”seperti apa adanya”. Ekonomi sirkular yang dikreasi agar korporasi selaras dengan zaman.

Langkah ini dimulai 1 April lalu. Di beberapa toko Ikea, mereka memberi harga 30 persen untuk barang well used sampai 50 persen terhadap barang-barang lama yang masuk ke dalam gently used. Tidak semua barang bisa dibeli kembali. Ada beberapa jenis barang, seperti meja kecil, meja komputer, meja makan, tempat buku, dan kursi. Barang-barang bermerek dikeluarkan dari program ini. Program dari perusahaan yang berasal dari Swedia ini juga sudah dilakukan di Inggris dan Irlandia.

Editor:
MUHAMMAD FAJAR MARTA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000