logo Kompas.id
EkonomiCerita Pekerja Gen Z, Bekerja ...

Cerita Pekerja Gen Z, Bekerja Tak Melulu Soal Uang

Gen Z atau generasi yang lahir tahun 1997-2012 menjadi angkatan kerja yang langsung bekerja jarak jauh yang jadi normal baru saat pandemi. Sejumlah pekerja dari kelompok ini menceritakan pandangannya terkait dunia kerja.

Oleh
MEDIANA
· 1 menit baca
Ilustrasi. Para pekerja menunggu angkutan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, saat jam pulang kerja, Rabu (18/3/2020).
Kompas/Wawan H Prabowo (WAK)

Ilustrasi. Para pekerja menunggu angkutan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, saat jam pulang kerja, Rabu (18/3/2020).

Dua tahun pandemi Covid-19 telah membuat cara bekerja jarak jauh yang mulanya dianggap sebagai pengalaman unik kini menjadi suatu pengalaman yang lumrah. Ketika sejumlah pucuk manajemen perusahaan masih berusaha untuk menggabungkan pola bekerja masa lalu dengan pola baru yang didorong pandemi, para lulusan sarjana perguruan tinggi yang berlatar belakang generasi Z masuk menjadi angkatan kerja pertama kalinya. Mereka pun langsung mengalami normal baru pandemi Covid-19.

Kompas berbincang secara daring dengan sepuluh pekerja berlatar belakang generasi Z atau anak muda yang lahir pada 1997–2012, akhir Februari 2022. Mereka lulus kuliah strata satu antara kurun waktu pertengahan 2020 dan akhir tahun 2021 atau saat Covid-19 sudah dinyatakan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Maret 2020. Di antara mereka ada yang sudah bekerja dan ada pula yang baru saja mendapat pekerjaan pada awal tahun 2022.

Editor:
MUKHAMAD KURNIAWAN
Bagikan