logo Kompas.id
Ekonomi244 Desa Wisata Ditargetkan...

244 Desa Wisata Ditargetkan Masuk Kategori Maju, Mandiri, dan Tersertifikasi

Pemerintah menargetkan 244 desa wisata masuk kategori desa wisata maju, mandiri, dan tersertifikasi berkelanjutan. Target itu dinilai realistis. Namun, diperlukan pembinaan dan pendampingan masif untuk mewujudkannya.

Oleh
MEDIANA
· 1 menit baca
Suasana wisata Desa Sumber Jenon di Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
KOMPAS/DAHLIA IRAWATI

Suasana wisata Desa Sumber Jenon di Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

​JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan 244 desa wisata masuk kategori maju, mandiri, dan tersertifikasi desa wisata berkelanjutan pada tahun 2024. Target ini sejalan dengan upaya pemerintah yang fokus menggerakkan kunjungan wisatawan domestik.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S Uno saat membuka acara peluncuran Pendampingan Sumber Daya Manusia (SDM) Desa Wisata, Kamis (20/1/2022), di Jakarta, mengatakan, kondisi pandemi Covid-19 telah mengubah lanskap pariwisata global ke arah perjalanan domestik atau mobilitas rendah, tidak ramai, dan menjunjung tinggi kebersihan. Wisatawan akan memprioritaskan destinasi dan akomodasi yang mereka anggap aman.

Editor:
MUKHAMAD KURNIAWAN
Bagikan