logo Kompas.id
EkonomiKala Kanal Digital Berebut...

Kala Kanal Digital Berebut ”Kue” UMKM

Go digital, go national, go global. Kanal digital pemasaran produk usaha mikro, kecil dan menengah menjamur. Banyak ruang tanpa sekat, waktu pun begitu mudah diterobos. Digital pemasaran menjamur, kini rebutan "kue".

Oleh
Stefanus Osa Triyatna
· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/VvwzfK0--kFmth2BPeiYcCpYk84=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F09%2F3b95da9c-8f20-4617-8fed-81b4a357c334_jpg.jpg

Kanal digital pemasaran produk usaha mikro, kecil, dan menengah kini makin menjamur. Tak hanya jejaring lokapasar, ruang pemasaran semakin tak  tersekat. Ruang dan waktu seolah tak lagi jadi penghambat. Jaringan internet mendongkrak akses antara produsen dan konsumen.

Dalam bingkai ”Bangga Buatan Indonesia” wajah UMKM dikenal tangguh dan memiliki daya tahan, terutama di tengah badai krisis maupun pandemi saat ini. Kementerian maupun lembaga, pemerintah daerah, maupun pihak swasta kini turut bahu membahu membuka pintu pemasaran produk UMKM.

Editor:
Nur Hidayati
Bagikan