logo Kompas.id
EkonomiDiversifikasi dan Bertransformasi untuk Membangun Ketahanan Ekonomi

Diversifikasi dan Bertransformasi untuk Membangun Ketahanan Ekonomi

Pandemi Covid-19 menjadi momentum bagi Indonesia untuk merancang dan menyiapkan fundamen resiliensi ekonomi. Presiden Joko Widodo menyatakan, pandemi Covid-19 juga momentum bertransformasi untuk membangun ekonomi.

Oleh
COKORDA YUDISTIRA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/COKORDA YUDISTIRA

Presiden Joko Widodo (tengah) memberikan sambutan dalam Peluncuran Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali menuju Bali Era Baru, Jumat (3/12/2021).

DENPASAR, KOMPAS — Pandemi Covid-19 menjadi momentum bagi Indonesia untuk merancang dan menyiapkan perubahan fundamen resiliensi ekonomi. Kesiapan berubah secara mendasar dan besar-besaran, atau bertransformasi, yang didasari refleksi dan perhitungan yang cermat atas kondisi serta dengan keberanian mengeksekusi menjadi penting dalam menghadapi kecepatan kompetisi dan tantangan.

Dampak pandemi Covid-19, menurut Presiden Joko Widodo, berimbas ke segala bidang dan sektor kehidupan bangsa. Selama menghadapi pandemi Covid-19, ujar Joko Widodo, sejumlah negara mengalami persoalan kelangkaan energi, kelangkaan pangan, dan tekanan ekonomi akibat inflasi yang tinggi. Pandemi Covid-19, menurut Presiden, menimbulkan dampak yang kompleks.

Editor:
agnespandia
Bagikan