logo Kompas.id
EkonomiPresiden Jokowi Dorong Pertamina dan PLN Siapkan Rencana Konkret Transisi Energi

Presiden Jokowi Dorong Pertamina dan PLN Siapkan Rencana Konkret Transisi Energi

Presiden Joko Widodo meminta Pertamina dan PLN segera membuat ”grand design” transisi energi. Dalam hal ini perlu dipetakan energi apa yang bisa digeser ke hidro, geotermal, dan yang bisa digeser ke surya ataupun bayu.

Oleh
Mawar Kusuma Wulan
· 1 menit baca
Memuat data...
MUCHLIS JR - BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN

Presiden Joko Widodo saat memberikan arahan kepada Dewan Komisaris dan Direksi PT Pertamina dan PT PLN di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (16/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Presiden Joko Widodo mendorong PT Pertamina dan PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN untuk segera menyiapkan perencanaan konkret transisi energi dari energi fosil menjadi energi hijau. Seiring perubahan iklim global yang begitu dramatis, peralihan menuju energi yang lebih ramah lingkungan tidak bisa ditunda. Presiden juga mendorong jajarannya untuk tidak mempersulit masuknya investasi kepada Pertamina dan PLN.

Menurut Presiden, transisi energi juga menjadi agenda penting di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 ataupun COP 26 yang dihadiri Presiden. ”Semakin hari semakin ke sana arahnya sudah bisa ditebak. Suatu saat yang namanya energi fosil, penggunaan mineral fosil itu pada suatu titik akan distop,” ujar Presiden Jokowi ketika memberikan arahan kepada Dewan Komisaris dan Direksi PT Pertamina dan PT PLN di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, (16/11/2021).

Editor:
Madina Nusrat
Bagikan