logo Kompas.id
EkonomiBI: Kinerja Perekonomian Triwulan IV-2021 Membaik

BI: Kinerja Perekonomian Triwulan IV-2021 Membaik

Kinerja ekonomi Indonesia pada triwulan IV-2021 diprediksi membaik yang antara lain ditopang oleh perbaikan kinerja ekspor, kenaikan belanja fiskal pemerintah, konsumsi, dan investasi. 

Oleh
Mediana
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Priyombodo

Suasana di pusat perbelanjaan di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, yang ramai, Sabtu (6/11/2021). Dengan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang turun di level 1, pelonggaran kegiatan masyarakat kian meluas. Pelonggaran, di antaranya, diberlakukan untuk pusat perbelanjaan yang sudah bisa menampung 100 persen pengunjung dan tutup pukul 22.00 WIB.

SURABAYA, KOMPAS — Bank Indonesia memperkirakan kinerja ekonomi nasional pada triwulan IV-2021 meningkat, terutama didukung oleh perbaikan kinerja ekspor, kenaikan belanja fiskal pemerintah, konsumsi, dan investasi.

Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI) IGP Wira, di sela-sela sesi pelatihan wartawan, Sabtu (20/11/2021), di Surabaya, mengatakan, hal itu tecermin dari kenaikan sejumlah indikator hingga awal November 2021, antara lain mobilitas masyarakat, penjualan eceran, ekspektasi konsumen, indeks aktivitas manufaktur, serta realisasi ekspor dan impor.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan