logo Kompas.id
EkonomiPertumbuhan Industri Dukung Pemulihan Setelah Pandemi

Pertumbuhan Industri Dukung Pemulihan Setelah Pandemi

Perekonomian Indonesia diperkirakan akan tumbuh di 3,5 persen hingga 3,75 persen tahun ini. Pemulihan diproyeksikan berlanjut tahun depan seiring membaiknya permintaan domestik dan kinerja beberapa sektor.

Oleh
Joice Tauris Santi
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Kendaraan memadati Jalan Sudirman, Jakarta, saat jam pulang kantor, Selasa (2/11/2021). Meski berangsur pulih, kinerja perekonomian Indonesia tahun ini belum dapat kembali pada kondisi sebelum pandemi Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS — Perekonomian Indonesia diperkirakan masih berada dalam tahap pemulihan pada tahun 2022. Meski demikian, ekonomi mulai bertumbuh dilihat dari beberapa indikator awal serta ditopang oleh permintaan domestik dan perbaikan kinerja pada beberapa sektor.

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede memperkirakan, perekonomian Indonesia tumbuh 3,5-3,75 persen pada tahun 2021 dan pemulihan masih berlanjut pada tahun 2022. Walaupun mulai membaik, masih ada beberapa tantangan yang akan dihadapi. Pengurangan belanja aset bank sentral Amerika Serikat atau The Federal Reserve/The Fed dan kenaikan tingkat suku bunga di Amerika Serikat diperkirakan tidak akan mengguncang pasar keuangan seperti tahun 2013.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan